Presiden Jokowi Batalkan Pembelian Helikopter AW 101

Helikopter AgustaWesland AW101 (www.reddit.com)

Helikopter AgustaWesland AW101 (www.reddit.com)

JAKARTA, PALUGADANEWS.com – Presiden Joko Widodo akhirnya membatalkan pembelian helikopter VVIP AW 101 buatan Inggris/Italia. Jokowi tetap memilih menggunakan Super Puma buatan PT Dirgantara Indonesia sebagai helikopter kepresidenan. Keputusan tersebut diambil setelah mendapat masukan dari berbagai pihak.

“Presiden beranggapan bahwa heli yang ada masih bisa digunakan secara maksimal,” kata Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, sebagaimana dikutip Palugadanews dari laman setkab.go.id, Jumat (4/12).

Tak hanya karena kondisi Super Puma yang dinilai masih layak. Penolakan ini juga dilakukan karena pertimbangan anggaran. Dengan kondisi keuangan Indonesia saat ini, harga helikopter AgustaWestland AW101 dinilai terlalu tinggi.

“Maka dengan demikian, sekali lagi, Presiden tetap akan menggunakan heli yang ada,” jelas Pramono.

Sebagaimana diketahui, rencana TNI AU berencana membeli 9 unit helikopter AW 101 buatan Italia yang akan dipergunanakan sebagai angkutan VVIP presiden dan wakil presiden menuai banyak kritik dari berbagai pihak karena tidak memprioritaskan helikopter Super Puma buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) .