Presiden Jokowi Minta Proyek Infrastuktur Gunakan Produk Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowinomics.com)

Presiden Joko Widodo (Jokowinomics.com)

JAKARTA, PALUGADANEWS.com – Presiden Joko Widodo meminta penggunaan produk lokal dalam pembangunan semua proyek di seluruh Indonesia,
khususnya yang dilaksanakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada acara penandatanganan kegiatan strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 2016 di kantor kementerian ESDM, Jakarta,
Senin (29/2).

“Hati-hati masalah ini, yang sering menggunakan barang-barang impor pasti akan saya kejar, benar atau tidak benar,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, proyek pembangunan infrastruktur harus membatasi penggunaan barang-barang impor, dan mencari pengganti produk dalam negeri.
Oleh karena itu diminta agar komponen dalam negeri diperbanyak.

Selain itu Jokowi juga meminta proyek infrastruktur untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya sehigga meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat lokal. Kontrak Kegiatan Strategis Tahun Anggaran 2016 Kementerian ESDM yang ditandatangani meliputi 133 paket pekerjaan dengan nilai Rp 3,04 triliun, sebagian besar merupakan paket pekerjaan infrastruktur strategis.

Sebelumnya pada tanggal 14 Januari dan 2 Februari 2016 telah dilaksanakan penandatanganan kontrak paket-paket kegiatan KESDM Tahun 2016 dengan total nilai Rp 545 miliar.

Beberapa proyek yang akan dibangun antara pembangunan pipa gas untuk rumah tangga di Provinsi Sumatera Selatan serta sejumlah pembangkit listrik di Indonesia bagian timur.