Alex Noerdin: Sumsel Penyerap APBN Terbesar

Foto: Alex Noerdin

Foto: Alex Noerdin

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan Sumsel merupakan daerah penyerap APBN terbesar di Indonesia dengan nilai mencapai Rp68 triliun hingga 2018. Menurut Alex dana yang digelontorkan tersebut merupakan alokasi pembangunan infrastruktur di Sumsel.

“Total dana yang digelontorkan pemerintah pusat ke Sumsel mencapai Rp68 triliun, yang kesemuanya untuk pembangunan di Sumsel,” katanya,  saat acara pelantikan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumsel Rabu (23/3/) di Griya Agung, seperti dilansir dari bisnis.com.

Selain itu kata Alex, arus investasi akan banyak masuk ke Sumsel. Salah satunya Dubai Port World yang beberapa waktu lalu berkunjung, siap berinvestasi puluhan miliar dolar ke Sumsel. “Ini merupakan investasi terbesar,” kata Alex.

Ditambahkannya banyak lagi peluang-peluang lain yang akan didapatkan Sumsel untuk meningkatkan perekonomian. Salah satunya dengan disetujui pembangunan kilang minyak baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api (TAA)  oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo.

“Tiga hari yang lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, meninjau TAA, PALI, dan Prabumulih. Presiden sudah menyatakan persetujuannya terhadap pembangunan kilang baru untuk menggantikan kilang Plaju yang sudah tua,” papar Alex.

Alex berharap, dengan dibentuknya TPAKD Sumsel ini akses untuk keuangan daerah dipercepat. “Lebar spektrumnya, pokoknya apa saja yang menyangkut keuangan daerah dilakukan,” pungkas Alex.

Berita Lainnya

Dana Desa Tahap Pertama Cair April 2016
Revisi UU Minerba Masuk Prolegnas 2016
PTBA Bukukan Laba Bersih Rp2,04 Trliun Tahun 2015
493,5 Miliar Rupiah Untuk Pembangunan Gas Kota Prabumulih