493,5 Miliar Rupiah Untuk Pembangunan Gas Kota Prabumulih

Foto Kementerian ESDM

Foto Kementerian ESDM

PALUGADANEWS.COM, PRABUMULIH — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Senin, (21/3) meresmikan pengoperasian jaringan distribusi gas bumi untuk rumah  tangga di Prabumulih, Sumatera Selatan.  Peresmian ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tersebut, dilaksanakan di Taman Kota Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur.

Menurut Sudirman, pemerintah bakal membangun 36.626 sambungan baru di Prabumulih. Saat ini sendiri sudah ada 8.000 sambungan ke rumah-rumah warga. Targetnya pada 2016 ini pemerintah bersama dengan PT Pertamina Gas akan menambah 32 ribu sambungan lagi dan diharapkan dapat beroperasi tahun 2017. Anggaran pembangunan jaringan gas diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 sebesar Rp 493,5 miliar.

Menteri mengatakan, dari 89.000 sambungan gas rumah tangga yang diberikan Kementerian kelima kota yakni Surabaya, Tarakan, Batam, dan Balikpapan,
Kota Prabumulih mendapat bantuan sambungan gas kota terbesar.

“Prabumulih mendapat bantuan 32 ribu sambungan gas kota, dengan bantuan ini lebih dari 93% penduduk kota Prabumulih tersambung dengan jaringan gas bumi dan akan menjadikan Prabumulih sebagai kota pertama di Indonesia yang mayoritas penduduknya menggunakan jaringan gas kota,” kata Sudirman.

Selain itu, akan dibangun juga SPBG Online Station dengan kapasitas 1 million standard cubic feet per day (mmscfd) senilai Rp 50,3 miliar yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2016. Total APBN untuk pembangunan SPBG Online Prabumulih adalah sebesar 50,3 Milyar Rupiah dan diproyeksikan akan selesai dibangun pada bulan Desember 2016.

Gubernur Sumsel  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih Kepada Kementerian ESDM yang berkenan hadir pada peresmian infrastruktur Migas di kota Prabumulih. “Hari ini menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Prabumulih. Peresmian Jaringan Gas di kota ini membuktikan bahwa Menteri ESDM telah menjadikan Kota ini sebagai Prioritas dalam pembangunan Infrastruktur Migas,” ujarnya.

Berita Lainnya:

PTBA Bukukan Laba Bersih Rp2,04 Trliun Tahun 2015
Kemen PAN-RB Akan Kurangi 1 juta PNS Hingga 2019
Kementerian ESDM Tandatangani Kontrak Kegiatan Strategis Senilai Rp 3,04 Triliun