Pemkab Muara Enim Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Penandatanganan Mou Pemkab Muara Enim dan Posbankumdin

Penandatanganan Mou Pemkab Muara Enim dan Posbankumdin

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Masyarakat kurang mampu di Muara Enim yang sedang terjerat permasalahan hukum tampaknya akan sedikit lega.  Pemerintah Kabupaten Muara Enim bekerjasama dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbankumdin) Sumatera Selatan, memberikan layanan bantuan hukum bagi masyarakat yang kurang mampu.

Dengan adanya layanan ini masyarakat kurang mampu akan memeperoleh bantuan hukum secara gratis.  Penandatanganan  MoU kerja sama  Pemkab Muara Enim dan Posbankumdin dilakukan kemarin, Selasa (29/3), di Muara Enim.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu ini merupakan Implementasi Perda Muara Enim Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Bantuan Hukum Gratis.

“Bantuan hukum secara cuma-cuma ini kita berikan kepada masyarakat tidak mampu secara ekonomi atau pra sejahtera  yang menghadapi permasalahan hukum,” jelas bupati.

Tujuannya lanjut dia, untuk menjamin hak setiap warga negara mendapatkan keadilan dan persamaan kedudukan di dalam hukum.

Menurut Muzakir, Posbakum akan memberikan bantuan berupa konsulatasi hukum perkara pidana dan perdata, pembuatan dokumen hukum, rujukan tentang pembebasan biaya perkara dan memberikan rujukan tentang bantuan jasa advokat.

Sementara itu perwakilan Posbakumdin Sumsel Erwin Haris, mengapresiasi langkah Pemkab Muara Enim menyediakan bantuan hukum gratis untuk masyarakat kurang mampu.

“Bantuan hukum ini diberikan agar layanan hukum sesuai dengan porsi yang benar,” kata Erwin.

 

 
BERITA LAINNYA:

Hari Ini Harga BBM Nonsubsidi Turun
Presiden Minta Mendagri Hapus 3000 Perda Bermasalah
Ganja Sintetik dari Cina Beredar di Mahasiswa
Muzakir Siap Dicalonkan Jadi Gubernur Sumsel 2018
Pengurus PWI Muara Enim Dikukuhkan
Pemkab Muara Enim Gelar Musrenbang Kabupaten
Wakil Bupati Diangkat Jadi Plt Bupati OI