Prabumulih dan Tarakan Jadi Pilot Project Jaringan Gas Kota

Foto: Bumn.go.id

Foto: Bumn.go.id

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA —  Kota Prabumulih di Sumatera Selatan dan Tarakan di Kalimantan Utara akan menjadi dua kota pertama di Indonesia yang seluruh rumah di dalam kota akan tersambung dengan jaringan gas kota.

Kedua kota ini karena berlokasi dekat lapangan migas yang infrastruktur gas lebih mudah untuk dibangun. Hal ini sesuai dengan target pemerintah untuk tidak membiarkan daerah sumber energi justru krisis energi.

“Prabumulih akan dijadikan kota percontohan percepatan jaringan gas. Di Prabumulih ini sudah terpasang sekitar 8.000 sambungan jargas, tahun ini akan dipasang kembali  32.000 sambungan. Sehingga kalau sudah 40.000 terpasang, maka sudah 90 persen. Dan kita ingin teruskan sampai 100 persen,” ujar Menteri ESDM Sudirman, dikutip dari laman Kementerian ESDM, Selasa (22/3).

Menurut Sudirman, Kota Prabumulih telah terpasang jargas sebanyak 4.650 sambungan Rumah Tangga (SR). Rencana hingga akhir tahun 2016, jumlah jargas terpasang akan bertambah 34.626 SR dan 2.626 SR dari investasi PT Pertamina, sehingga akhir tahun diharapkan sudah ada sambungan jargas terpasang hingga lebih 40.000 SR atau 90% persen secara total.

Pemerintah akan mengupayakan percepatan pembangunan sambungan untuk kota-kota yang memiliki akses ke jaringan gas. “Sambungan untuk kota-kota yang memiliki akses ke jaringan gas akan kita percepat.  Untuk sumatera selatan akan kita percepat karena ini kan sumber gas juga,” jelas Sudirman.

Pertagas bekerjasama dengan Perusahaan Daerah akan mengelola dan merawat jaringan pipa gas rumah tangga di Prabumulih. Kerjasama ini menurut Menteri ESDM selain sebagai bentuk berbagi value juga merupakan bentuk berbagi tanggung jawab dalam pengelolaan Jargas di Prabumulih.

Sementara itu Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi IGN Wiratmaja Puja menjelaskan bahwa selain prabumulih, akan ada 6 lokasi lain pembangunan jargas di 2016. “Untuk pembangunan Jargas tahun 2016 ada 6 lokasi dengan nilai anggaran Rp 1,181 Triliun. Prabumulih merupakan kota dengan alokasi sambungan terbanyak dengan rencana 32.250 sambungan terpasang hingga akhir tahun 2016,” ujarnya.

“Tarakan akan menjadi kota kedua setelah Prabumulih yang seluruh kotanya akan menggunakan jargas. Kota lainnya adalah Surabaya, Batam, Balikpapan dan Cilegon” pungkas Wiratmaja.

Berita Lainnya:

Wakil Bupati Diangkat Jadi Plt Bupati OI
PTBA Bukukan Laba Bersih Rp2,04 Trliun Tahun 2015
493,5 Miliar Rupiah Untuk Pembangunan Gas Kota Prabumulih
Kemen PAN-RB Akan Kurangi 1 juta PNS Hingga 2019