Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah

Muzakir Sai Sohar, Bupati Muara Enim

Muzakir Sai Sohar, Bupati Muara Enim

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 di lapangan Pemkab Muara Enim, Senin (25/4/2016).

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Perpuseru dari Coca Cola Foundation)

Upacara dipimpin Bupati Muara Enim Muzakir, dihadiri Wakil Bupati Nurul Aman, FKPD, SKPD dan ratusan PNS di lingkungan Pemkab Muara Enim. Peringatan hari Otonomi Daerah tahun ini mengambil tema “Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

(Baca Juga: Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Muara Enim Anggarkan Rp43,2 Miliar)

Dalam sambutannya Muzakir Sai Sohar mengatakan otonomi daerah bertujuan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat melaui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal.

(Baca Juga: Komisi I DPRD Muara Enim Rapat Bahas Pengrusakan Kebun Warga Oleh PT R6B)

Seiring diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2016, tambah dia, seluruh pemerintah daerah harus menata seluruh elemen otonomi daerah, agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas tersebut.

Muzakir mengingatkan PNS agar mempersiapkan diri dengan meningkatkan  displin kerja, karena kesepakatan MEA ini akan membuka peluang para pelaku usaha dan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia untuk bekerja.

(Baca Juga: Peringati Hari Kartini, Pemkab Muara Enim Berikan Penghargaan Kepada 2 Orang Perempuan)

Kabupaten Muara Enim tentu tidak akan luput dari serbuan pengusaha dan tenaga kerja asing, mengingat kabupaten ini kaya akan sumber daya alam.  Pada kesempatan tersebut Muzakir juga meminta PNS untuk lebih mengefisienkan perjalanan dinas agar tidak membebani anggaran belanja daerah.

(Baca Juga: Sungai Lematang Meluap, 6 Desa di Ujanmas Terendam)

Diakhir sambutannya, Muzakir mengingatkan seluruh PNS di Pemkab Muara Enim untuk tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.  Jika terbukti menggunakan narkoba, maka yang bersangkutan akan langsung dipecat.