Bupati Buka Bulan Bakti Gotong Royong Muara Enim

 

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar Bulan Bakti Gotong Royong di GOR Pancasila Muara Enim, Rabu (25/05/2016)

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar membuka Bulan Bakti Gotong Royong di GOR Pancasila Muara Enim, Rabu (25/05/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar membuka kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-13 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke- 44 Tahun 2016 di kawasan GOR Pancasila Muara Enim, Rabu, (25/05/2016).

(Baca Juga: Bupati Minta Pengusaha Manfaatkan Batubara Kalori Rendah)

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim, Shinta Paramitha Sari Muzakir, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, perwakilan Dandim 0404 Muara Enim, perwakilan Polres Muara Enim, para pejabat di lingkungan Pemkab Muara Enim, camat se-Kabupaten Muara Enim dan  beberapa pemimpin perusahaan yang berada di Kabupaten Muara Enim.

(Baca Juga: Rumah Kosong di Dusun IV Kelurahan Muara Enim Terbakar)

Pelaksanaan kegiatan ini juga dirangkai dengan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) ke-18, lomba menu ikan dan lomba cipta beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

(Baca Juga: Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB)

Ketua Tim PKK Kabupaten Muara Enim, Shinta Paramitha Sari Muzakir, mengatakan peringatan hari jadi kesatuan gerak PKK ke-44 bukan hanya sebuah acara seremonial semata, namun merupakan cerminan gerakan PPK dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Menurut Shinta, penjabaran 10 program pokok PKK mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim, mengingat tim penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah.

(Baca Juga:  Resmi dibuka, MAN CUP Diikuti Siswa SMP dan SMA Se Kabupaten Muara Enim)

Shinta secara khusus menyoroti peran Program Posyandu yang merupakan wadah terdepan pelayanan sosial dasar.

“Posyandu tidak hanya menyelenggarakan layanan kesehatan semata, namun dapat dijadikan tempat layanan terpadu berbagai bidang meliputi pendidikan, bina keluarga, dan peningkatan ekonomi kader PKK itu sendiri,” tutur Shinta.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, semangat gotong-royong jangan hanya menjadi wacana semata.  Gotong royong harus ditanamkan sejak dini kepada para generasi muda.

“Generasi muda kita adalah harapan bangasa, mereka harus mampu bekerja sama dan bergotong-royong membangun bangsa,” kata Muzakir.

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Desak Pemprov Sumsel Selesaikan Masalah Tapal Batas)

Terkait dengan Gerakan Teknologi Tepat Guna (GTTG) bupati berharap agar gagasan dan pemikiran dalam GTTG menjadi nilai tambah dan pemanfaatan teknologi tepat guna benar-benar terelasisasi.

(Baca Juga: Wakil Gubenur Sumsel Kunjungan Kerja Ke Muara Enim)

Selain itu, bupati juga mengapresiasi program gemar makan ikan. Melalui program gemar makan ikan, harapanya kata bupati seluruh masyarakat akan memperoleh asupan gizi yang cukup sehingga akan menguatkan, menyehatkan dan mencerdaskan anak-anak sejak usai dini.

Program gemar makan ikan ini tambah bupati, tentu berdampak pada meningkatnya kesejateraan para nelayan, pembudidaya, pengelola dan penjual ikan.

(Baca Juga: SMAN 1 Ujanmas Raih Empat Gelar di FLS2N Tahun 2016)

Diakhir sambutannya bupati memberikan penghargaan yang tinggi kepada para anggota penggerak PKK yang telah menjadi penggerak kesehatan, pendidikan dan bina keluarga serta diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga melalui gerakan PKK diharapkan dapat mendorong Visi Muara Enim SMAS dapat tercapai.