Bupati Minta Pengusaha Manfaatkan Batubara Kalori Rendah

IMG_20160524_143358[1]

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Senin pagi (23/05/2016), membuka kegiatan peningkatan kordinasi dan kerjasama dibidang penanaman modal dengan instansi pemerintah dan dunia usaha di Ball Room Hotel Grand Zuri Muara Enim.

(Baca Juga: 5 Pasti Tips Umrah Aman)

Hadir sebagai narasumber dari Badan Penanaman Modal RI dan Kementerian Sumber Daya Mineral RI.

Dalam acara yang diikuti oleh pengusaha pertambangan, listrik dan dan gas, Muzakir meminta para pelaku usaha memanfaatkan batubara kalori rendah yang banyak terdapat di Kabupaten Muara Enim.

(Baca Juga: Waspada Biro Penyelenggara Umrah Ilegal)

Menurut Muzakir, Kabupaten Muara Enim mempunyai sumber daya alam batu bara sebesar 13.5 miliar ton atau 60,98 % dari total sumber daya batubara di Sumatera Selatan.

(Baca Juga: Waspada Biro Penyelenggara Umrah Ilegal)

Endapan batubara tersebut jelas Muzakir, tersebar di daerah Air Laya, Bukit Kendi, Klawas, Bangko Barat, Bangko Selatan, Bangko Tengah, Suban Jeriji, Sigoyang Buana dan Benakat Barat.

(Baca Juga: Rumah Kosong di Dusun IV Kelurahan Muara Enim Terbakar)

“Sebagian besar potensi batubara tersebut tergolong peringkat rendah. Untuk itu diharapkan kepada pelaku usaha dapat mengelola batubara peringkat rendah tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muara Enim,” kata Muzakir.

(Baca Juga: Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB)

Bupati juga meminta kepada narasumber yang hadir untuk memberikan materi tentang regulasi dan kebijakan batubara, serta materi peningkatan mutu hasil produksi batubara guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber energi

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Desak Pemprov Sumsel Selesaikan Masalah Tapal Batas)

“Saya harapkan kepada pemberi materi dapat memberikan sistem pemanfaatan batubara peringkat rendah sehingga bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha khususnya para usaha mikro kecil menengah dan koperasi (UMKMK) di Kabupaten Muara Enim sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambah Muzakir.

(Baca Juga: Wakil Gubenur Sumsel Kunjungan Kerja Ke Muara Enim)

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Muara Enim, Alfarizal, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensinergikan arah perizinan usaha terutama dibidang batubara.

(Baca Juga: Wakil Bupati Muara Enim Resmikan Masjid Jami Babussalam)

Alfarizal berharap para pengusaha batubara ini dapat memanfaatkan secara maksimal batubara kalori rendah yang ada di Kabupaten Muara Enim,  sehingga dapat menciptakan lapangan usaha baru dan membuka peluang kerja bagi masyarakat.