Bupati Muara Enim Resmikan Taman Kehati Bedegung

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar meresmikan Taman Kehati Bedegung pada puncak peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Kabupaten Muara Enim, Senin (30/05/2016)

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar meresmikan Taman Kehati Bedegung pada puncak peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Kabupaten Muara Enim, di kawasan wisata air terjung Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung,  Senin (30/05/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar meresmikan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Bedegung di kawasan wisata Air Terjun Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim,  Senin (30/05/2015).

Taman Kehati Bedegung ini memiliki luas 10 hektar yang telah ditanami berbagai pohon.

“Taman Kehati Bedegung ini menjadi kawasan pelestarian flora dan fauna Kabupaten Muara Enim yang mulai langka dan terancam punah,  sekaligus sebagai fungsi sosial budaya masyarakat lokal, serta sebagai sarana pendidikan pelatihan dan daya tarik ke objek wisata bedegung,” kata Muzakir, pada Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati, di Bedegung, Tanjung Agung, Senin (30/05/2015).

Muzakir mengatakan, ide membuat Taman Kehati Bedegung berawal dari keinginan untuk menghidupkan kawasan wisata Air Terjun Bedegung sebagai kawasan wisata berbasis ekologi (ekowisata).

“Tahun 2003 kita mulai pembangunan Taman Kehati Bedegung melalui dana APBD Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, tahun 2014 lalu pada peringatan Hari Keanekaragaman Hayati dilakukan penanaman dan pelepasan satwa. Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga mengajak PT Perusahaan Gas Negara (PT PGN) untuk terlibat dalam pembangunan beberapa fasilitas di Taman Kehati Bedegung.

Sebelumnya, sebagai langkah awal rencana pembangunan Taman Kehati Bedegung, Pemkab Muara Enim juga bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB)
dalam membuat desain dan membangun fasilitas-fasilitas Taman Keanekaragaman Hayati Bedegung ini.

Muzakir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada menejemen PT Perusahaan Gas Negara yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Taman Kehati Bedegung melalui dana CSR perusahaan.

“Saya berharap, program kerjasama CSR tidak hanya dilakukan oleh PT PGN saja, tapi juga ikuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk pelestarian lingkungan yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” harap Muzakir.

Pada akhir sambutannya, bupati meminta kepada seluruh pihak untuk menjaga dan memelihara bangunan dan fasilitas yang telah ada.

Di seluruh Indonesia sejauh ini terdapat 72 Taman kehati. Pembangunan Taman Kehati merupakan amanat dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 3 tahun 2012.

Program pembangunan taman Kehati tersebut bertujuan  membangun dan mengembangkan kawasan pencadangan sumber daya alam hayati.

Fungsinya sebagai kawasan konservasi untuk menyelamatkan berbagai jenis tumbuhan dan satwa lokal, baik yang liar maupun yang dibudidayakan, terutama yang langka dan terancam punah.

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan, dari 294 spesies yang dilindungi di Indonesia, 17 spesies diantaranya juga terdapat di Kabupaten Muara Enim, terdiri dari 10 spesies mamalia, 5 spesies burung, dan 2 spesies reptil.

 

Berita Terkait:

203 Penyuluh Pertanian Muara Enim Ikuti Pertemuan Teknis
Bupati Buka Bulan Bakti Gotong Royong Muara Enim
Rumah Kosong di Dusun IV Kelurahan Muara Enim Terbakar
Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB
Resmi dibuka, MAN CUP Diikuti Siswa SMP dan SMA Se Kabupaten Muara Enim
Pemkab Muara Enim Desak Pemprov Sumsel Selesaikan Masalah Tapal Batas
Wakil Gubenur Sumsel Kunjungan Kerja Ke Muara Enim