Nurul Aman: Rumah Merupakan Hak Dasar Rakyat

 

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, membuka sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kantor Camat Ujanmas, Muara Enim, Selasa (31/05/2016).

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, membuka sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kantor Camat Ujanmas, Muara Enim, Selasa (31/05/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Diamanatkan dalam UUD pasal 28 Amandemen UUD 1945, rumah merupakan salah satu hak dasar rakyat. Karena itu, setiap warga negara berhak mendapatkan tempat tinggal yang layak dan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, ketika membuka Sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kantor Camat Ujanmas, Muara Enim, Selasa (31/05/2016).

“Rumah merupakan cermin diri pribadi seseorang dalam upaya peningkatan taraf  hidup serta pembentukan karakter, watak, dan kepribadian bangsa,” kata Nurul.

Oleh karen itu lanjut Nurul, pembangunan perumahan dan pemukiman harus di dukung dengan kebijakan, strategi, dan program yang komprehenshif serta terpadu.

“Selain memenuhi hak dasar rakyat, pembangunna perumahan yang baik juga akan menghasilkan satu lingkungan perumahan dan pemukiman yang sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim SMAS  (sehat, mandiri, agamis, sejahtera),” tambahnya.

Nurul berharap program BSPS dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah. Sehingga jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Muara Enim dapat berkurang secara bertahap.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Cipta Karya, Ramlan Suryadi menjelaskan, di Kabupaten Muara Enim terdapat 10.433 rumah tidak layak huni yang tersebar di 20 kecamatan.

“Sejak tahun 2015-2016, sebanyak 3.710 unit rumah atau sekitar 27% sudah mendapatkan bantuan. Sisa yang belum terealisasi sebanyak 6.723 unit rumah,” terang Ramlan.

Ramlan mengatakan, untuk tahun 2016 ini Pemkab Muara Enim memberikan bantuan di Kecamatan Rambang Dangku sebanyak 107 unit rumah, Kecamatan Blimbing 152 unit rumah dan Kecamatan Ujanmas 257 unit rumah yang tersebar di 6 desa, yaitu Ujanmas Lama, Ujanmas Baru, Pinang Belarik, Tanjung Raman, Muara Gula Lama, dan Muara Gula Baru.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, tambah dia, juga mengalokasikan anggaran untuk perbaikan 432 unit rumah di 3 desa di Kecamatan Muara Belida, yaitu Desa Patra Tani, Desa Kayu Arah Batu, dan Desa Tanjung.

Di tempat terpisah anggota DPRD Muara Enim, Faizal Anwar, mengatakan dewan sangat mendukung program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga yang dilakukan Pemkab Muara Enim.

Menurut Faizal, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan implementasi program SMAS sebagai wujud kemandirian daerah dalam mensejahterakan rakyatnya.

“Di Kabupaten Muara Enim program ini sudah berjalan beberapa tahun. Khusus di Kecamatan Ujanmas bantuan sudah diberikan beberapa kali.  DPRD Muara Enim menyambut positif kegiatan ini dan sudah dituangkan dalam APBD Kabupaten Muara Enim,” kata Ketua Komisi I DPRD Muara Enim ini.

Faizal berharap ke depan anggaran lebih dimaksimalkan lagi, karena  dampak perekonomian global mempengaruhi peningkatan angka kemiskinan di tengah masyarakat.

“Program ini masih sangat dinantikan oleh masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu di Kabupaten Muara Enim,” tutur Faizal

Sekedar untuk diketahui, BSPS merupakan program kerja sama antara Pemerintah Daerah bersama Kementerian PU-Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, yang bertujuan untuk mendorong masyarakat berpenghasilan rendah agar memiliki rumah yang layak huni.

 

Berita Terkait:

Bupati Muara Enim Resmikan Taman Kehati Bedegung
Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan RS Pratama di Semende
Wakil Bupati Muara Enim Buka Seminar TB
203 Penyuluh Pertanian Muara Enim Ikuti Pertemuan Teknis
Wakil Bupati Muara Enim Resmikan Masjid Jami Babussalam
Rumah Kosong di Dusun IV Kelurahan Muara Enim Terbakar
Wakil Bupati Muara Enim Hadiri Penyerahan Siswa SMAN 1 Belimbing
Wakil Bupati Muara Enim Buka Turnamen Sepak Bola Antar Klub