Partai Golkar Keluar dari Koalisi Merah Putih

Munas Partai Golkar (Foto: Antara)

Munas Partai Golkar (Foto: Antara)

PALUGADANEWS.COM, NUSADUA — Partai Golkar akhirnya resmi keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP). Keputusan penting ini merupakan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (16/5/2016) malam.

(Baca Juga: Mendikbud Pantau UN SD di Kota Palembang)

“Mencabut dan menyatakan tidak berlaku lagi keputusan Munas Partai Golkar tahun 2014 tentang posisi Partai Golkar dalam Koalisi Merah Putih,‎” kata Aisyah Sekretaris Pimpinan Sidang Munaslub di Nusa Dua, Bali, Senin (16/5/2016) malam.

(Baca Juga: KPK Minta Penyaluran Dana Desa Tepat Sasaran)

Aisyah menjelaskan, keputusan keluar dari KMP  sesuai dengan doktrin Partai Golkar yang menjalankan kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat, serta mewujudkan cita-cita yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

(Baca Juga: Menteri Marwan: Dana Desa Jangan Digunakan Membeli Kendaraan Dinas)

“Keputusan Golkar untuk mendukung Pemerintah Jokowi-JK harus ditindaklanjuti dengan upaya nyata Partai Golkar demi menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” jelasnya.

(Baca Juga: BKN Temukan 57 Ribu PNS Berstatus Misterius)

Pada pilpres 2014 lalu, Koalisi Merah Putih dibentuk sebagai tandingan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Seiring dengan masuknya sejumlah partai lain di luar KIH untuk mendukung pemerintah,  KIH kemudian berubah nama menjadi Koalisi Partai Politik Pendukung Pemerintahan.