Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Peringatan Hardiknas

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Muara Enim, Senin (2/5/2016)

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Muara Enim, Senin (2/5/2016)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh di setiap 2 Mei. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar.

(Baca Juga: DPRD Muara Enim Pertanyakan Mutasi 170 Kepala Sekolah)

Tampak hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), guru dan kepala sekolah, tokoh masyarakat dan organisasi pemuda serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan yang dibacakan oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, mengatakan, Hari Pendidikan Nasional yang kita rayakana sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Teken Nota Kesepahaman dengan CISDI)

Presiden Jokowi telah menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam kompetisi era global jika kualitas manusianya terdidik dan tercerahkan.

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Lantik 170 Kepala Sekolah )

“Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa,” urainya.

(Baca Juga: Peraturan Baru Menakertran, Karyawan satu Bulan Kerja Berhak Terima THR)

Menurut Menteri, salah satu dukungan yang perlu diberikan kepada anak-anak Indonesia adalah memastikan apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Untuk itu, lanjut dia, ada tiga komponen yang dibutuhkan anak-anak Indonesia di abad 21 ini yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi

(Baca Juga: Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya’qub Meninggal Dunia)

“Karakter terdiri dari karakter moral, antara lain adalah nilai pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Kedua yang tak kalah pentingnya lagi adalah karakter kinerja,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu Muzakir menambahkan, pendidikan merupakan tonggak dari kemajuaan bangsa oleh sebab itu pemerintah daerah mendukung peningkatan mutu pendidikan terutama pendidikan yang ada di Kabupaten Muara Enim. Sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tersebut, lanjut Muzakir, Pemkab Muara Enim terus berupaya meningkatkan Anggaran pendidikan dalam APBD.

(Baca Juga: Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah )

Dikatakan Muzakir, manusia yang berpendidikan akan meningkat sehingga akan semakin meningkatkan pula kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara  sehingga munculah masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera).

“Semakin tingginya kesadaran masyarakat kabupaten Muara Enim akan pentingnya pendidikan maka akan diikuti juga dengan peningkatkan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Muara Enim sesuai, dengan Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim yaitu “Terwujudnya  Pelayanan Pendidikan Untuk Semua,” kata Muzakir.

Diakhir upacara, Muzakir menyerahkan penghargaan Indeks Integritas Penyelenggaran Ujian Nasional Tertinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada 25 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Muara Enim.

(Baca Juga: BKN Temukan 57 Ribu PNS Berstatus Misterius)

Sekolah-sekolah tersebut dianggap  sebagai penyelenggara Ujian Nasional tahun 2015 lalu dengan jujur. Beberapa sekolah diantaranya yaitu SMP Negeri 1 Tanjung Agung, SMP Negeri 1 Lawang Kidul, SMP Xaverius Lawang Kidul, SMP Negeri 5 Muara Enim,  SMP Negeri 1 Muara Enim, SMP Negeri 1 Belimbing dan beberapa Sekolah yang lain.