PNS Pemkab Muara Enim Mendadak Dites Urine

Foto: BNN

Foto: BNN

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — BADAN Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan tes urine mendadak terhadap ratusan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Muara Enim, Rabu pagi (11/5/2016).

(Baca Juga: Bupati Muara Enim Akan Pecat PNS Terlibat Narkoba)

Pelaksanaan tes urine para pejabat Pemkab Muara Enim ini berlangsung diruang Bappeda kabupaten setempat.  Selama proses pengambilan sampel urine, para pejabat itu dijaga ketat oleh aparat kepolisian, BNN Sumsel dan Satpol PP Muara Enim.

(Baca Juga: Dua PNS Muara Enim Ditangkap Karena Narkoba )

Menurut Kepala BNN Sumsel, M Iswandi Hari, tes urine ini atas permintaan Bupati Muara Enim terkait upaya mendukung perang terhadap narkoba yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Tes ini atas undangan bupati. Jika tidak memakai narkoba, para pejabat tidak usah khawatir dan lari dari ruangan,” kata Iswandi.

(Baca Juga:  BNN Temukan 5 Pejabat Pemkab Ogan Ilir Terindikasi Narkoba)

Iswandi mengatakan jika hasil tes urine ini ditemukan pejabat yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, maka pihaknya akan menyerahkan kepada Pemkab Muara Enim sebagai pihak yang meminta untuk menetukan langkah selanjutnya.

(Baca Juga:  Bupati OI Menggunakan Narkoba Sejak Remaja)

Namun tegas dia, jika pada pemeriksaan yang kedua masih ada PNS yang positif menggunakan narkoba maka sanksi hukum akan ditegakan.

(Baca Juga:  MAN Muara Enim Bertekad Ciptakan Sekolah Bebas Narkoba)

Sementara itu Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menegaskan dirinya tidak akan memberikan toleransi kepada para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Muara Enim yang kedapatan mengkonsumsi narkoba.

(Baca Juga: Ganja Sintetik dari Cina Beredar di Mahasiswa )

“Tidak ada toleransi sedikitpun bagi yang kedapatan mengkonsumsi narkoba. Kita berhentikan,” tegasnya.