Sumsel Jadi Tuan Rumah Kejuaraan “Asia Triathlon 2017”

Olahraga Triathlonn (foto; islamina.com)

Olahraga Triathlon (foto; islamina.com)

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Tahun depan Provinsi Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon 2017. Sumsel terpilih Jadi tuan rumah Seusai memenangkan pemungutan suara kongres Asian Triathlon Confederation di Jepang pada 1 Mei 2016.

Dalam pemungutan suara tersebut, Sumsel mengantongo enam poin, mengalahkan Kazakstan yang hanya mengumpulkan lima poin. Triathlon merupakan kombinasi dari tiga cabang olahraga yaitu, berenang, sepeda dan lari.

Menurut Asisten II Pemerintah Provinsi Akhmad Najib di Palembang, Minggu (8/5/2016), Indonesia terpilih karena memiliki fasilitas cukup lengkap di Kompleks Olahraga Jakabaring.

“Indonesia terpilih tak lain karena memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.  Sehingga cabang olahraga triathlon yakni renang, sepeda dan lari dapat dilangsungkan dalam satu kawasan,” kata Najib, seperti dilansir dari Antara.

Terkait persiapan Sumsel menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon ini, Najib mengatakan, pihak ATC meminta disediakan jalur sepeda sejauh 10 km, lintasan renang panjang 350 meter ditambah 50 meter, dan area untuk lari dibutuhkan 5 km.

Kemudian, arena akuatik yang bisa digunakan peserta untuk berlatih, area untuk helipad, rumah sakit rujukan yang terdekat, dan infrastruktur tes dopping.

“Mengenai fasilitas yang diinginkan sudah disediakan, sebagai bagian dari persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games tahun 2018,” urai Najib.