Wakil Bupati Muara Enim Resmikan Masjid Jami Babussalam

IMG_20160514_234313

PALUGADANEWS.COM, GELUMBANG — Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman meresmikan Masjid Jami Babussalam senilai Rp2 miliar di Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Sabtu (14/5/2016).

Peresmian Masjid sekaligus memperingati Israj Mirajd Nabi Muhamad SAW tersebut dihadiri SKPD, FKPD, camat dan lurah Kelurahan Gelumbang.

Pada acara tersebut, Nurul Aman menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar yang tidak bisa hadir karena sedang mengikuti Munas Partai Golkar di Bali.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati di dampingi Kepala Kantor Kementerian Agama, Dandim, Camat Gelumbang dan Lurah Kelurahan Gelumbang.

Dalam sambutannya Nurul mengatakan, masjid merupakan sarana ibadah yang harus dimakmurkan oleh jamaahnya.

“Mari  kita memakmurkan masjid ini dengan baik,” kata Nurul Aman di Gelumbang, Sabtu (14/5/2016).

Menurut Nurul, semakin banyaknya kasus di media massa akhir-akhir ini seperti pemerkosaan, korupsi, dan tindak kejahatan lainnya menandakan terjadinya krisis mental terutama dikalangan remaja.

“Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan agar terhindar dari perbuatan maksiat sehingga cita-cita Muara Enim sehat, mandiri, agamis dan sejahtera dapat tercapai,” ajaknya.

Sementara itu, Ustad Solihin Hasibuan, dalam tausiah Israj Mirajd mengajak para jamaah untuk meneladani sifat dan ketaqwaan Baginda Nabi Muhamad SAW,  meningkatkan keimanan dan ketakwaan  terhadap ALLAH SWA agar tercapai keinginan di dunia dan selamat di akhirat.

Masjid Babussalam merupakan masjid tua di Kecamatan Gelumbang, namun tidak ditemukan informasi kapan tepatnya masjid ini dibangun.

Pada tahun 1978 para tokoh masyarakat setempat bersepakat merobohkan masjid, karena masjid sudah tidak mampu lagi menampung jamaah. Selain itu atap masjid juga mengalami kerusakan yang parah.

Masyarakat lalu berswadaya membangun kembali masjid dengan ukuran yang lebih besar. Baru pada tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Muara Enim  membantu pembangunan Masjid Babussalam. Menelan dana sebesar Rp2 miliar, bangunan berlantai dua tersebut ditambah teras dan tempat berwudhu.