Jelang Idul Fitri BI Sumsel Siapkan Uang Pecahan Rp 351,2 Miliar

Uang

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah Sumsel, Hamid Ponco Wibowo, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan uang rupiah pecahan kecil sebanyak Rp 351,2 Miliar untuk memenuhi permintaan penukaran uang menjelang perayaan Idul Fitri mendatang.

Guna memaksimalkan pelayanan penukaran uang tersebut, BI juga telah menyiapkan 47 outlet di sejumlah perbankan di Sumsel.

“Kita akan sediakan uang receh berbagai pecahan. Mungkin yang paling banyak, untuk pecahan Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000. Karena memang biasanya permintaan yang paling banyak adalah pecahan  Rp 20.000 ke bawah,” jelasnya, Rabu lalu (08.06/2016) di Palembang.

Hamid menerangkan, perbankan harus mulai dari sekarang mempersiapkan penyediaan uang pecahan. Pasalnya menjelang Idul Fitri diperkirakan permintaan akan semakin banyak.

“Masyarakat menukar uang receh menjelang lebaran, biasaya untuk dibagi-bagi THR,” ujar Hamid.

Menurut Hamid, BI memprediski kebutuhan uang di Sumsel selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1437 H mengalami penurunan sekitar 4,8% dari realisasi kebutuhan uang di tahun lalu sebesar Rp4,5 triliun.

Dikatakan dia, penurunan tersebut disebabkan BI Wilayah Sumsel tidak lagi menyediakan kebutuhan uang wilayah Bangka Belitung.

Namun, kata dia lagi, penurunan ini hanya prediksi saja, karena biasanya akan meningkat menjelang Idul Fitri.

Bank Indonesia sendiri telah menyiapkan dana Rp 160,4 triliun dalam berbagai pecahan untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri.

Untuk memaksimalkan pelayanan BI juga menyediakan 200 kantor bank dan bekerja sama dengan 13 bank untuk memfasilitasi penukaran uang.

Masyarakat bisa menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi demi menghindari adanya peredaran uang palsu.

 

Berita Lain:

60 Perda di Sumsel dibatalkan, 7 Diantaranya Perda di Kabupaten Muara Enim
Pemberhentian Bupati Empat Lawang dan Musi Banyuasin, Tunggu SK Mendagri
Muara Enim Segera Miliki Bank Perkreditan Rakyat
Presiden Joko Widodo Batalkan 3.143 Peraturan Daerah
Pemerintah Terbitkan Izin Impor 23.200 Ton Daging Sapi ke Swasta
Pemkab Muara Enim Gelar Pasar Murah