Muara Enim Segera Miliki Bank Perkreditan Rakyat

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi

PALUDANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Selain memiliki prospek bisnis yang bagus sekaligus menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam kegiatan perbankan di daerah itu.

Bupati Muara Enim Serahkan LKPJ ke DPRD
AKBP Hendra Gunawan Resmi Jabat Kapolres Muara Enim

Menurut Sekretaris Daerah Muara Enim, Hasanuddin, pendirian BPR bertujuan untuk memudahkan masyarakat serta pengusaha kecil dan menengah dalam memanfaatkan fasilitas kredit. Selain itu tambah dia, BPR akan menambah pendapatan daerah Muara Enim dan menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat di Bumi Serasan Sekundang.

Dijelaskan Hasan, sebagai modal awal Pemkab Muara Enim menganggarkan sebesar Rp 5 miliar. Secara bertahap kata dia, akan ditambah sesuai kebutuhan.

BKD Muara Enim Terima BKN Award 2016
Pemkab Muara Enim Raih WTP Ketiga Kalinya
Nurul Aman: Rumah Merupakan Hak Dasar Rakyat

Saat ini lanjut Hasan, Pemkab sudah mengurus segala macam perizinan pendirian BPR. Jika tahun ini izinnya keluar, maka kata dia tahun ini juga BPR akan segera beroperasi.

“Sekarang Bupati Muara Enim, Kepala Bappeda dan Kepala BPKAD sedang melakukan fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan,” Kata Hasan,¬† Selasa (14/6/2016) seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Untuk  pengelolaan BPR, Pemkab Muara Enim akan mencari orang-orang profesional dan memiliki pengalaman dalam bidang pengelolaan perbankan, termasuk untuk jajaran direksi, akan diseleksi secara ketat.

“Kita tidak akan memanfaatkan pejabat PNS yang sudah pensiun,” tegas Hasan.

Bupati Letakan Batu Pertama Pembangunan RS Pratama di Semende
Bupati Muara Enim Resmikan Taman Kehati Bedegung

Menurut data Bank Indonesia, jumlah BPR di Indonesia sampai April 2016 sebanyak 1.640 BPR, dengan jumlah nasabah sebanyak 13,9 juta nasabah. Sementara total kredit yang telah diberikan sebesar Rp 77, 108 miliar lebih.

Karakteristik BPR yang memiliki kemudahan dalam penyaluran kredit serta memberikan keuntungan simpanan dibandingkan dengan bank konvensional lain menjadi daya tarik tersendiri sehingga BPR masih diminati.