Pemkab Muara Enim Raih WTP Ketiga Kalinya

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, berfoto bersama dengan sejumlah kepala daerah di Sumsel usai menerima penghargaan WTP dari BPK RI

Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, berfoto bersama dengan sejumlah kepala daerah di Sumsel usai menerima penghargaan WTP dari BPK RI.

PALUGADANEWS.COM, PALEMBANG — Pemerintah Kabupaten Muara Enim memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran (TA) 2015.

Bagi Kabupaten Muara Enim, penghargaan ini merupakan kali ketiga mereka mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal tersebut merupakan suatu prestasi yang membanggakan yang diraih Bumi Serasan Sekundang ini.

Penghargaan di serahkan  oleh Kepala BPK RI Perwakilan Palembang, I Gede Kestawa, kepada Wakil Bupati Muara Enim, Nuru Aman, di gedung BPK RI perwakilan Sumatera Selatan, Selasa (31/05/2016).

“WTP yang berhasil diraih Kabupaten Muara Enim secara berturut-turut tiga kali adalah berkat kerjasama, keuletan dan kesabaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab dan masyarakat Kabupaten Muara Enim,” ujar Nurul Aman.

Diungkap Nurul, pihaknya terus berupaya terus meningkatkan kinerja ASN, terutama pada pelayanan publik.

“Terima kasih kami ucapkan pada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara dan warga Kabupaten Muara Enim,  karena atas kontribusi mereka juga sehingga kami berhasil mempertahankan WTP,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Jonidi, yang turut hadir pada penyerahaan penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan ini merupakan prestasi yang menggembirakan bagi Kabupaten Muara enim dalam pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan eksekutif. Karena telah kali berturut-turut mendapatkan opini WTP dari hasil audit BPK RI

Dikatakan dia, sesuai penjelasan pihak BPK RI, setidaknya ada 5 indikator yang dilakukan penilaian khusus terhadap pengelolaan keuangan daerah untuk mendapatkan predikat opini WTP. Ke lima indikator itu diantaranya, masalah pengelolaan aset daerah, masalah kinerja pengelolaan keuangan daerah dan masalah fisik bangunan yang dianggarkan sesuai dengan rencana dan yang diprogramkan.

“Dari kelima indikator itu, alhamdulillah Muara Enim cukup bagus, sehingga berhak mendapatkan predikat opini WTP. Prestasi ini dimasa mendatang harus ditingkatkan dan harus tetap dipertahankan,” jelas Jonidi.

Jonidi berharap para PNS di jajaran Pemkab Muara Enim harus terus menunjukan kinerja yang baik, karena saat ini alokasi untuk tunjangan kinerja pegawai yang dianggarkan melalui dana APBD sudah tergolong cukup besar.

Selain Muara Enim, 12 Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel lainnya juga mendapat penghargaan opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian, yaitu Kabupaten Lahat, Kota Lubuklinggau, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Pagaralam, OKU Selatan, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin,  Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKI,  dan Kabupaten OKU.

Sementara, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten PALI dan Kabupaten  Musi Rawas, mendapat penghargaan opini wajar dengan pengecualian.

 

 

Berita Lain:

PPATK Temukan Transaksi Mencurigakan di Rekening La Nyalla
IDI Tolak Menjadi Eksekutor Kebiri
Kemenpan Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Bulan Suci Ramadhan 2016
Nurul Aman: Rumah Merupakan Hak Dasar Rakyat
Bupati Muara Enim Resmikan Taman Kehati Bedegung
Alex Noerdin Gandeng 6 LSM Internasional Kelola Lanskap Sumsel