Muara Enim Raih Adipura Buana

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman sesaat setelah menerima penghargaan Piala Adipura dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat, (22/07/20160).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman sesaat setelah menerima penghargaan Piala Adipura dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Jumat, (22/07/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Kabupaten Muara Enim kembali dianugerahi  penghargaan piala Adipura sebagai kategori kota kecil tahun 2016 ini.

Adipura yang diraih tahun ini merupakan yang ke sebelas kalinya, sebelumnya Muara Enim telah 10 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan serupa sejak tahun 2009-2016 mendapatkan penghargaan serupa sejak tahun 2009-2016.

Tahun 2016 ini Kementerian Lingkungan Hidup menetapkan 5 katergori Adipura, yaitu Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna.

Kategori Penghargaan piala Adipura Buana diberikan kepada Kota Muara Enim karena berhasil menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni (liveable city) yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli dengan lingkungan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, kepada Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, pada puncak perayaan hari lingkungan hidup sedunia tingkat nasional di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat, (22/07/20160).

“Alhamdulillah untuk yang kesebelas kalinya berturut-turut Kota Muara Enim kembali menerima penghargaan piala Adipura. Tahun ini kita menerima Adipura Buana,” kata Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman, sesaat setelah menerima penghargaan melalui sambungan telepon, di Siak, Jumat (22/07/2016).

Nurul mengungkapkan, penghargaan piala Adipura yang diraih Kabupaten Muara Enim ini berkat kerja sama dan partisipasi seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim bersama-sama pemerintah daerah untuk menciptakan Kabupaten Muara Enim yang bersih dan nyaman.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim yang telah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. penghargaan ini berhasil kita raih karena ada dukungan yang luar biasa dari masyarakat menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Piala Adipura ini kita persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Muara Enim,” ungkap Nurul.

Namun Nurul berharap, penghargaan ini bukanlah sebagai tujuan akhir, yang paling penting lanjut Nurul terus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan menuju Muara Enim yang sehat, mandiri, agamis dan sejahtera.

Selain Muara Enim, sebanyak 75 penghargaan juga diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota lainnya di Indonesia.