PDIP Resmi Usung Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat (Foto: istimewa)

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) resmi mengusung calon petahanan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI 2017.

Ahok dan Djarot hadir dalam pengumuman cagub dan cawagub DKI di Kantor DPP PDIP di Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

“Tamu kita yang ditunggu teman-teman pers, calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan sebagai calon wakil gubernur adalah Djarot Saiful Hidayat,” kata Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto.

Selain mengumumkan pasangan calon Gubernur DKI, PDIP juga mengumumkan 101 pasangan Pilkada serentak dari Barat hingga Timur,  mulai wali kota, bupati sampai gubernur.

Selain didukung PDI-P, pasangan Ahok-Djarot juga didukung Partai Golkar, Hanura, dan Nasdem. Pasangan ini mengantongi 52 kursi di DPRD DKI dari keempat partai pendukungnya. Sementara syarat untuk mendaftar ke KPU hanya 22 kursi.

Tinggal enam partai yang belum menentukan calon untuk Pilkada DKI 2017, yaitu Partai Gerindra, Demokrat, PPP, PKB, PAN, dan PKS. Tidak satupun dari keenam partai ini yang memiliki cukup kursi untuk mengusung sendiri calonnya. Sementara KPU menetapkan batas pendaftaran terakhir melalui jalur partai politik pada 23 September.

Ahok-Djarot merupakan pasangan inkumben. PDIP sebelumnya mengusung Ahok sebagai calon wakil gubernur mendampingi kadernya,  Joko Widodo, dalam pemilihan kepala daerah DKI 2012.

Ahok kemudian diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi, setelah Jokowi terpilih sebagai Presiden RI. Posisi Ahok sebelumnya diisi Djarot hingga kini.

 

BERITA LAIN:

Muzakir Siap Dicalonkan Jadi Gubernur Sumsel 2018
Wabup Nurul Aman Siap Maju Jadi Bupati Muara Enim
Idrus Marhan: Golkar Satu Suara Usung Jokowi di Pilpres 2019
Partai Golkar Keluar dari Koalisi Merah Putih
Sohibul Iman Benarkan Majelis Tahkim Pecat Fahri Hamzah