PTBA Gelar FGD Pengembangan Tanjung Enim Sebagai Kota Wisata

Bupati Muara Enim saat memberikan sambutan pada kegiatan FGD Tanjung Enim Kota Wisata, Selasa (11/10/2016).

Bupati Muara Enim saat memberikan sambutan pada kegiatan FGD Tanjung Enim Kota Wisata, Selasa (11/10/2016).

PALUGADANEWS.COM, TANJUNG ENIM — PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) menggelar  focus group discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Tanjung Enim Sebagai Kota Wisata Tujuan Sumatera Selatan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mess Hall PT BA, Tanjung Enim, Selasa (11/10/2016).

Baca Juga: Bupati Muara Enim Hadiri FGD Tanjung Enim Tujuan Wisata
 
Hadir dalam Kegiatan ini Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Wakil Ketua DPRD Dwi Windarti, anggota DPRD Muara Enim Dapil V, kepala SKPD, Muspida dan Forum LSM Tanjung Enim.

Direktur Umum dan SDM PTBA, Suryo Eko Hadianto mengemukakan FGD ini bertujuan untuk memberikan masukan agar visi PTBA dalam mengembangkan Tanjung Enim menuju kota tujuan wisata di Sumatera Selatan berjalan lancar.

Baca Juga: PT Bukit Asam Tingkatkan Efisiensi Hingga Rp 4 Triliun

Untuk itu Eko mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengembangan Tanjung Enim sebagai kota wisata.

“Sebagai tujuan wisata mengajak seluruh elemen masyarakat yang peduli dan ingin mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata seperti yang kita harapkan,” ujarnya.

Baca Juga: Penjualan PT Bukit Asam Naik 11% di Semester I/2016

Sementara itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, PTBA merupakan salah satu aset daerah penyumbang devisa bagi negara yang cukup besar.

“Sudah sepatutnya jika PTBA bergerak langsung dalam pengembangan pembangunan yang ada di Kabupaten Muara Enim, khususnya  dalam rencana pengembangan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata,” kata bupati.

Baca Juga: PT Bukit Asam Tingkatkan Efisiensi Hingga Rp 4 Triliun

Menurut dia, saat ini masih terdapat 11 persen penduduk miskin di Kecamatan Lawang Kidul dari 66 ribu jumlah penduduk

“Seiring dengan kemajuan Tanjung Enim sebagai kota wisata diharapkan mampu menekan angka kemiskinan tersebut,” ujar bupati.

Baca Juga: PTBA Bagikan Deviden Rp 611 Miliar

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, lanjut dia, sangat mendukung gagasan menjadikan kota Tanjung Enim sebagai kota wisata. Namun disenergiskan dengan tujuan wisata di Kabupaten Muara Enim dengan tetap memperhatikan kondisi masyarakat lokal.

Baca Juga: PTBA Bukukan Laba Bersih Rp2,04 Trliun Tahun 2015

“Pembangunan kota Tanjung Enim sebagai tujuan wisata harus memperhatikan kondisi sosial budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya. Sehingga orang yang datang tidak hanya melihat tambang batubara saja namun ada kesan lain dibalik Tanjung Enim sebagai kota batubara,” tutur bupati.

PTBA memprakarsai pengembangan Tanjung Enim, Sumatera Selatan, menjadi kota tujuan wisata. Untuk menuju kondisi tersebut, PTBA telah menyiapkan Lapangan Central Bukit Asam untuk dijadikan alun-alun Kota Tanjung Enim.

Alun-alun ini kelak akan  dilengkapi ragam wahana hiburan yang menarik serta museum tambang batubara. Sementara itu, di sepanjang bibir Sungai Enim yang mengalir di sekitarnya akan disulap menjadi taman yang indah bergaya heritage.