34 Pengurus IGI Muara Enim Dikukuhkan

Pengurus IGI Muara Enim bersama Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman berfoto bersama usai pelantikan

Pengurus IGI Muara Enim dan Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman berfoto bersama usai pelantikan (Foto: Humas Pemkab Muara Enim)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Cabang Kabupaten Muara Enim  yang diketuai Riswan S.Pd , dikukukan, Selasa (01/11/2015).

Baca Juga: Sejumlah Pihak Sesalkan Keluarnya Izin Dispensasi Angkutan Batubara

Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah dilakukan Pengurus wilayah Bidang Peningkatan Mutu IGI Sumsel, Marion M.Pd., di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim.

Seusai pelantikan pengurus, acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Literasi Produktif Digitalisasi”.

Baca Juga: Satgas Saber Pungli Dilantik

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Pengurus IGI Pusat Wahyu Sri Lestari, Tokoh Literasi Indonesia Dr Satria Darma dan para Guru dan kepala Sekolah.

Pada kesempatan itu, Pengurus wilayah Bidang Peningkatan Mutu IGI Sumsel, Marion M.Pd  menyampaikan organisasi IGI fokus pada peningkatan kompetensi guru.

Baca Juga: Polisi Tangkap Satu Pelaku Terduga Pembunuh Pelda Aceng

Dia juga mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan guru, pihaknya menggelar seminar kompetensi guru, pelatihan menulis, pelatihan komputer, peningkatan kompetensi profesional  dan kompetensi pedagogik guru.

“Jika kita hanya mengharapkan dari pemerintah, maka seluruh permasalahan yang ada di dunia pendidikan akan lama sekali terselesaikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, peningkatan kompetensi guru harus dilakukan oleh organisasi guru sendiri, tanpa harus menunggu pemerintah turun tangan.

Dirinya juga berharap IGI bisa bersinergi dengan organisasi lain, termasuk PGRI.

Baca Juga: Pemkab Muara Enim Teken MoU dengan Kemenperin, Kembangkan UKM dan Koperasi

Ketua IGI Muara Enim terpilih Riswan mengatakan, IGI bukan organisasi tandingan bagi organsisasi profesi guru yang lain.

“IGI merupakan organisasi mitra pemerintah yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru,” ujarnya.

Saat ini kata dia, anggota IGI Muara Enim sekitar 65 orang  Anggotanya terdiri dari guru PNS dan non PNS.  Riswan juga menyampaikan, ada beberapa program yang akan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru, untuk itu lanjutnya, pengurus harus memiliki militansi terhadap dunia pendidikan

“Kita akan menggelar workshop dan seminar pendidikan untuk guru yang ada di Muara Enim,” terangnya.

Baca Juga: Muara Enim Terima Nusantara CSR Awards 2016

Sementara itu Wakil Bupati Muara Enim  Nurul Aman mengatakan organisasi IGI Muara Enim diharapkan menjadi sebuah organisasi profesi untuk meningkatkan kompetensi untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Muara Enim.  Nurul juga berharap IGI dapat menjadi mitra pemerintah memajukan dunia pendidikan.

“Semoga tercipta guru-guru mau berbagi dan terlibat belajar untuk meningkatkan kompetensinya,” pungkas Nurul.

|