Muara Enim Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengukuhkan  Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Muara Enim, Selasa (27/12/2016).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Muara Enim, Selasa (27/12/2016).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIN – Kabupaten Muara Enim kini memiliki Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) setelah dikukuhkan secara resmi oleh Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman, Selasa (27/12/2016), di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Muara Enim.

Menurut Nurul, praktik pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu dilakukan penindakan tegas, terpadu dan efisien yang akan menimbulkan efek jera bagi para pelakunya.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Muara Enim memiliki empat fungsi yaitu intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.

BERITA TERKAIT:

“Fungsi tersebut bertujuan untuk melakukan pencegahan, pengumpulan data dan informasi menggunakan teknologi, serta melakukan operasi tangkap tangan,” urai Nurul.

Selain itu, satgas dapat memberikan sanksi hukum kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Upaya memberantas pungutan liar di Kabupaten Muara Enim lanjut dia, akan berjalan efektif dan efisien dengan mengoptimalkan tugas dari personel satuan kerja serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di lembaga pemerintah serta masyarakat.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mendukung satgas pungli. Jika masyarakat menemukan pungutan liar di lingkungannya segera melaporkan ke satgas ini agar pelakunya dapat diberi sanksi,” tegas Nurul.

Di Kabupaten Muara Enim, satuan tugas tersebut terdiri dari berbagai institusi, di antaranya Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Kejaksaan Negeri Muara Enim, Pengadilan Negeri Muara Enim, dan sejumlah satuan kerja perangkat daerah  (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.