Penangkapan Ikan di Sungai Menggunakan Racun Semakin Marak di Lubai

(Foto: Ilustrasi I Antara)

(Foto: Ilustrasi – Antara)

PALUGADANEWS.CO, MUARA ENIM — Warga Desa Sumber Mulya, Desa Pagar Dewa dan Desa Kuang, Kecamatan Lubai, akhir-akhir ini diresahkan dengan maraknya oknum yang melakukan penangkapan ikan menggunakan racun putas.

Pemberian racun putas tersebut bertujuan agar ikan yang ada di sepanjang aliran sungai mabuk, sehingga mereka dengan mudah menangkapnya. Tindakan oknum ini tidak hanya menebar racun putas, tapi juga menggunakan alat setrum untuk mendapatkan ikan.

BERITA LAINNYA:

Salah seorang warga Desa Pagar Dewa, Doni Firmansyah (27) mengatakan, para oknum ini mulai melakukan pencarian ikan dengan cara diracun dan setrum ketika sungai mulai surut.

“Kami sangat kesal dengan para oknum tersebut. Mereka meracuni ikan pada malam hari, kalau menyetrum pada siang hari,” ujar Doni, Selasa (24/1/2017).

Ditambahkan dia, ada beberapa sungai-sungai yang sering menjadi tempat sasaran mereka yaitu, Sungai Senuling, Sungai Buaye, Sungai Lubai dan Sungai Kuang.

“Sungai-sungai tersebut tidak jauh dari pemukiman warga, bahkan ada yang dihulu perkampungan warga,” tambah dia.

Doni berharap agar pihak terkait segera melakukan tindakan pencegahan, kalau dibiarkan akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan. Selain itu warga bisa keracunan karena masih menggunakan air sungai untuk aktifitas sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

Sementara itu, Kapolsek Rambang Lubai AKP Bustomi yang dihubungi Palugadanews melalui sambungan telepon, Selasa (24/1/2017) mengatakan saat ini belum mendapat laporan dari warga terkait kasus itu.

Namun pihaknya akan segera berkordinasi dengan instansi terkait melakukan pengecekan di lapangan untuk menangani  kasus tersebut.