Pemkab Luncurkan Program Amnesti Tanki Septic Tank Bocor

Pemkab Muara Enim meluncurkan Program Amnesti Tanki Septic Tank Bocor (ATSB) yaity pemberian subdisi 100 persen bagi warga yang melaporkan septic tank yang bocor atau kelebihan kapasitas di wilayahnya.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberi kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim. Pemkab Muara Enim akan memberikan layanan sedot tinja gratis bagi warga yang melaporkan septic tank bocor atau kelebihan kapasitas di wilayah mereka.

Layanan penyedotan gratis ini merupakan program Amnesti Tanki Septic Tank Bocor (ATSB) yang diluncurkan bersaman dengan digelarnya Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Muara Enim, Selasa (14/32017).

Kepala Bappeda Muara Enim Abdul Najib menyampaikan, pemerintah daerah akan memberikan subsidi  100 persen penyedotan septic tank bagi pelapor yang memenuhi syarat.

BERITA LAINNYA:

“Pemkab Muara Enim melakukan terobosan melalui Program ATSB dengan memberikan subsidi bagi masyarakat dengan penghasilan rendah. Sementara untuk masyarakat yang mampu diminta melalukan penyedotan selama 6 bulan terakhir,” ujar Najib.

Program ATSB, kata Najib, merupakan program nasional yang mendukung akses universal 100 persen pembangunan sanitasi pada tahun 2019. Saat ini, lanjutnya, kondisi sanitasi diwilayah Muara Enim baru mencapai 66,7 persen. Maka dari itu tahun 2019 akses sanitasi wajib ditingkatkan minimal 88 persen.

Najib mengungkapkan, setiap tahunnya Indonesia harus kehilangan Rp 56 triliun untuk mengatasi kesehatan warga karena dampak sanitasi yang buruk.

“Sanitiasi buruk salah satu biang penyakit yang berpotensi menggangu kesahatan masyarakat terutama didaerah tempat tinggal masyarakat berpenghasilan rendah,” jelas Najib.