RKPD Terbaik, Muara Enim Wakili Sumsel di Musrenbangnas

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar saat membuka Musyawaran Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muara Enim 2017, Kamis (14/3/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Dinobatkan menjadi terbaik tingkat Provinsi  Sumatera Selatan dalam bidang Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan mewakili Sumsel pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrebangnas) di Jakarta.

“RKPD Kabupaten Muara Enim 2017 menjadi terbaik pertama untuk Sumsel. Untuk itu Kabupaten Muara Enim akan mewakili Sumsel di tingkat nasional,” kata Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Ekowati Ekaningsi saat menghadiri Musrenbang Kabupaten Muara Enim 2017, di Gedung Kesenian Putri Dayang Merindu, Muara Enim, Selasa (14/3/2017).

BERITA LAINNYA:

Menurut Ekowati, RKPD terbaik dinilai dari dokumen perencanaan yang saling terkait dokumen lainnya.  Selain itu, sinkronisasi dengan dokumen perencanaan provinsi dan nasional serta sinergitas antar perencanaan juga menjadi penilaian.

“Penilaian juga dilakukan pada prosesnya, apakah cukup partisipatif dengan mengakomodir usulan-usulan dari tingkat desa). Kemudian apakah teknokratis, yaitu perencanaan yang dibuat berdasarkan data-data yang ada alias tidak mengarang-ngarang dan juga politik, yang mengakomodir pokok-pokok pikiran dari DPRD,” urainya.

Tim penilai independen dari Unsri, Bappeda Sumsel dan lembaga lain, lanjut dia, turun langsung ke kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi untuk melihat rancangan RKPD yang disusun.

Sementara, Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar meminta, SKPD Pemkab Muara ENim jangan merasa berpuas diri atas capaian tersebut.RKPD terbaik yang sudah diterima Bumi Serasan Sekundang ini agar dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi ke depannya.

“Jangan merasa berpuas diri dulu, walaupun Muara Enim terbaik dari 16 kabupaten/kota lainnya di Sumsel, jadikan ini sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik ke depannya,” pinta Muzakir.

Menurut Muzakir, pemilihan rencana kerja Kabupaten Muara Enim selalu berdasarkan skala prioritas. Sehingga setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

Pada kesempatan itu, Muzakir memberikan apresiasi kepada Dinas Sosial dan Kecamatan Belimbing yang mendapatkan penghargaan sebagai SKPD terbaik di Kabupaten Muara Enim dalam penyusunan RKPD 2017 lalu. Dirinya berharap SKPD lain ikut termotivasi untuk berprestasi dalam penyusunan RKPD dimasa mendatang.