SPT diperpanjang Hingga 21 April

(Foto: Ilustrasi)

PALUGADANEWS.COM,MUARA ENIM РKepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak (KP2KP) Muara Enim, Sarce Jeffrikson, menyebutkan batas waktu pelaporan Surat Pelaporan Tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP) diperpanjang hingga 21 April 2017.

BACA JUGA:

“Pelaporan SPT diperpanjang hingga 21 April. Saat ini yang datang untuk konsultasi pajak dan yang belum mengerti pengisian e-Filing,” ujar Sarce kepada Palugadanews.com, Kamis (6/4/2017).

Menurut Sarce, pelaporan SPT ini diperpanjang sesuai Surat Keputusan Dirjen Pajak No kep-87/PJ/2017 tanggal 29 Maret 2017.

“Bagi wajib pajak orang pribadi yang lewat dari 21 April maka akan dikenakan denda sebesar Rp 100 ribu, dan untuk wajib pajak Badan dikenakan denda Rp1 juta,” terangnya.

Saat ini, lanjut dia, para pelapor Wajib Pajak (WP) sudah banyak memilih menggunakan aplikasi secara online dalam pelaporan SPT.

Untuk mengisi SPT maka Wajib Pajak orang maupun badan secara online, lanjut dia, bisa meminta e-FIN di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat di daerah masing-masing.

Menurut Sarce, pengisian e-Filing sangat mudah, dengan membuka aplikasi e-Filing nanti Wajib Pajak bisa melaporkan SPT secara online. Tapi kata dia, ada juga yang belum mengerti dengan EFIN (Electronic Filing Identification Number).

“Untuk memudahkan Wajib Pajak kita juga sudah membuka kelas pajak,” terangnya.

Sejak Januari hingga kemarin, jumlah pelapor Surat Pemberitahuan (SPT) secara e-Filing di Kabupaten Muara Enim mencapai 20 ribu orang.