Ratusan Siswa Baru SMA Unggulan Ikuti Latihan Bela Negara

Sebanyak 238 siswa baru SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim mengikuti latihan bela negara.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ratusan siswa baru SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim mengikuti Latihan Bela Negara. Mereka dibimbing oleh TNI dari Rindam II/Sriwijaya.

Peserta tampak antusias mendengarkan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh para instruktur. Kegiatan digelar selama tiga hari yaitu mulai 18-20 Mei 2017).

Kepala SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim Darmadi, mengatakan kegiatan ini bertujuann agar siswa mendapatkan pembelajaran yang baik akan kedisiplinan dan mendidik mental.

“Jam belajar di SMA Negeri 1 Muara Enim sangat padat, sehingga pendidikan mental perlu diberikan,” jelas Darmadi, Sabtu (20/05/2017).

Disamping juga, bela negara diharap mampu membuat siswa menjadi berani. “Kita minta bantuan TNI dari Rindam II/Sriwijaya guna membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab bagi siswa, sehingga mereka nantinya bisa menjadi pribadi yang cinta tanah air dan bangsa,” tutur dia.

Seorang siswa, Selly mengaku senang mendapatkan pendidikan bela negara, karena menurut dia, keberhasilan dan kesuksesan tidak akan tercapai tanpa didasari sikap disiplin.

“Kedisiplinan menjadi fondasi dasar untuk meraih keberhasilan, dan tak kalah penting kemampuan serta keterampilan didasari sikap pantang menyerah, dan ketangguhan mental,” ujara Selly.

Adapun materi yang diberikan selama pendidikan bela negara tiga hari lalu, di antaranya pembinaan kedisiplinan, teknik baris-berbaris, teknik upacara, pembinaan fisik, keakraban antar pelajar hingga kebersihan serta kegiatan long march yang menyusuri sejumlah jalan dalan wilayah Pasar I Kota Muara Enim.

Usai pendidikan bela negara ini, siswa baru ini pada Senin (22/5/2017), akan mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Rangkaiannya meliputi psikotest, peminatan, tata krama siswa, hak dan kewajiban siswa, wawasan wiyatamandala, tes peminatan, serta short drama competition.