Wabub Nurul: Story Telling Menumbuhkan Minat Baca

Wakil Bupati Nurul Aman membuka lomba story telling se-Kabupaten Muara Enim tingkat TK – SMA hingga SMA di Ballroom Hotel Griya Serasan Muara Enim, Senin (8/5/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengatakan story telling adalah cara yang baik untuk meningkatkan minat baca bagi anak bangsa, mulai dari TK hingga SMA agar mampu kompetitif di era globalisasi yang didukung kecerdasan intelektual.

Hal tersebut disampaikan Nurul saat membuka lomba story telling se-Kabupaten Muara Enim tingkat TK hingga SMA yang diselenggarakan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim di Ballroom Hotel Griya Serasan Muara Enim, Senin (8/5/2017).


Baca Juga:


Nurul mengatakan, story telling merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan budaya baca, ketrampilan dan pemahaman di kalangan generasi muda saat ini.

Sesuai dengan amanat undang-undang,  lanjut dia, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan potensi anak bangsa, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif di era globalisasi.

“Penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan beberapa prinsip antara lain sebagai suatu proses pemberdayaan dan pengembangan budaya minat baca bagi para peserta didik agar menumbuhkan SDM yang berkualitas,” ujar Nurul.

Melalui story telling, tambah dia, sepanjang hayat membudayakan budaya baca maka akan mengasah keterampilan.

“Selamat berlomba bagi para peserta, bawa nama baik sekolah,” ujar dia.

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Maryana menyampaikan, lomba tersebut bertujuan agar para pelajar dapat menjadi pencerita dan pendongeng yang baik melalui lukisan dan dapat meningkatkan minat serta bakat dalam bentuk lukisan.

Lomba yang digelar selama tiga hari ini, diikuti 1.920 peserta terdiri dari 320 pelajar TK, 320 pelajar SD, 640 pelajar SMP dan  640 siswa pelajar SMA. Peserta diperbolehkan menggunakan alat peraga baik berupa gambar, lukisan, ataupun kostum yang berkaitan dengan isi cerita tersebut.

Selain lomba, juga dilakukan penyerahan bantuan laptop dari Perpuseru Cocacola Foundation  kepada 2 desa, yakni Desa Sumaja Makmur dan Sidomulio Kecamatan Gunung Megang.

Tahun sebelumnya Perpuseru juga memberikan bantuan yang sama kepada 4 desa yakni Desa Plakat Kecamatan Semende Darat Ulu, Desa Ujanmas Lama Kecamatan Ujanmas, Desa Lebak Budi Kecamatan Tanjung Agung dan Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul.