Polres Muara Enim Gelar Rakor Lintas Sektoral

Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi rangka Operasi Ramadniya Musi 2017, di ruang rapat Pangripta Kantor Bappeda Muara Enim, Jumat (16/06/2017)

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —  Polres Muara Enim menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi rangka Operasi Ramadniya Musi 2017, di ruang rapat Pangripta Kantor Bappeda Muara Enim, Jumat (16/06/2017).

Rapat  dipimpin Wakapolres Muara Enim Kompol M Adil, bersama Bupati Muara Enim yang diwakili Kasatpol PP Muara Enim Riswandar dan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  diwakili Kepala Dinas Perhubungan Pali Sunardin.

Wakapolres Muara Enim Kompol M Adil dalam rapat tersebu meminta jajarannya bersinergi dengan dinas/instansi yang terlibat dalam rangka pengamanan Operasi Ramadniya tahun 2017, sehingga arus mudik dan arus balik mudik di dua wilayah hukum Polres Muara Enim berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami minta jajaran polres hingga polsek bersama dinas/instansi lainnya dapat mengerahkan anggotanya guna menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas sebelum dan sesudah lebaran,” ujar Adil.

Selain itu, kondisi jalan juga menjadi pembahasan dalam rakor ini terkait enam titik longsor di sepanjang jalan lintas Muara Enim hingga Tanjung Agung.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terlebih lagi pengguna jalan kebanyakan warga luar daerah, menurut Adil pihaknya meminta kerja sama masyarakar sekitar untuk menjaga lokasi longsor.

“Nanti setiap 100 meter dari titik longsor akan dibuat pengumuman pemberitahuan jalan longsor.  Selain itu, jangan yang paling penting jangan sampai ada aksi pungutan liar, untuk itu kita akan minta kerja sama aparat desa,” tutur Adil.

Adil juga meminta pengelola untuk selalu siap stok bahan bakar minyak (BBM) terutama pada H-3 sampai usai musim mudik lebaran.

“Kami juga minta pengelola SPBU untuk lebih cerdas melayani pelanggannya. Jangan sampai pembelian BBM dalam jumlah banyak disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi,” tegasnya.

Kasatpol PP Muara Enim Riswandar, meminta setiap OPD di Muara Enim menyiagakan anggotanya untuk menjaga keamanan kantor selama 24 jam selama libur lebaran. Hal ini guna mengantisipasi tindak pencurian maupun kejadian lainnya.

“Sedangkan untuk mengantisipasi aksi pungli tadi, para kades atau camat bisa memberdayakan tenaga Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang tersebar di setiap desa,” tukasnya.

Dinas Kesehatan Muara Enim juga sudah menyiagakan Puskesmas dan rumah sakit untuk buka 24 jam. “Puskesmas kita siagakan 24 jam, sejauh ini masih dipersiapkan personil untuk melaksanakan piket,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim  Yan Riyadi.

Sarana dan prasana puskesmas, tambah dia, sudah dipersiapkan dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik. “Untuk mendukung lancarnya operasi ini, kami juga siap tempatkan ambulan di setiap pos pelayanan mudik lebaran maupun di puskemas itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Muara Enim, selain menempatkan personel di pos pelayanan gabungan dinas/intansi, juga  membuat pos internal sendiri.

“Kami juga siapkan sejumlah bus yang siap siaga membantu para pemudik jika angkutan yang mereka gunakan menemui kendala,” ujar Plt Kadishub Muara Enim diwakili Akmal.