274 Calon Jemaah Haji Muara Enim Mengikuti Manasik

Sebanyak 274 Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan manasik haji tingkat kabupaten yang diselenggarakan Kementerian Agama Muara Enim bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim di Masjid Babussalam, Islamic Center, Muara Enim, Kamis (6/7/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM —¬†Sebanyak 274 Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Muara Enim yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini, mulai melakukan persiapan.

Mereka mengikuti kegiatan manasik tingkat kabupaten yang diselenggarakan selama dua hari 6 dan 13 Juli 2017 oleh Kementerian Agama Muara Enim bekerjasama dengan Pemkab Muara Enim di Masjid Babussalam, Islamic Center, Muara Enim, Kamis (6/7/2017).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman saat membuka kegiatan berharap calon jemaah haji dapat mengikuti manasik dengan tekun.


Berita Lainnya:


Menurut Nurul keberhasilan ibadah haji bergantung saat seorang calon jemaah haji mengikuti pelatihan anasik, sehingga pada saat menjalankan ibadah nanti dapat dilakukan dengan baik.

“Saya ingatkan kepada semua para jemaah agar tidak ragu-ragu bertanya kepada panitia. Saya berharap juga panitia dapat memberikan penjelasan sejelas mungkin serta membuka kesempatan tanya jawab kepada peserta,” ujar Nurul.

Nurul menghimbau agar calon jemaah haji menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci.

“Kami berdoa agar semua jemaah selalu dalam lindungan Allah dan dalam keadaan sehat. Mulai dari keberangkatan, beribadah di tanah suci hingga pulang ke Indonesia. Sehingga dapat menjalankan semua ibadah haji menjadi haji mabrur dan mabruroh,” pungkas Nurul.

Calon jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim yang mengikuti manasik terdiri dari 120 orang laki-laki dan 154 orang perempuan, berasal dari Kecamatan Muara Enim sebanyak 77 orang, Lawang Kidul 103 orang, Gunung Megang 11 orang dan Belimbing 18 orang.

Kemudian Kecamatan Ujanmas 23 orang, Lubai 3 orang, Rambang Dangku 10 orang, Tanjung Agung 15 orang, Semendo Darat Tengah 3 orang, Semendo Darat Ulu 3 orang dan Semendo Darat Laut 4 orang serta Kecamatan Gelumbang 4 orang.

Calon jemaah haji termuda pada tahun ini yaitu Egi Manggala Putra (24) dari Kecamatan Lawang Kidul, sedangkan tertua Narmin ( 89) dari Kecamatan Gelumbang.

Salah seorang calon jemaah haji asal Kecamatan Ujanmas Willian Husin mengatakan, setelah mengikuti bimbingan manasik haji, baik yang diselenggarakan oleh KBIH maupun Kemenag, dirinya bisa mengetahui bagaimana tata cara menjalankan ibadah haji yang benar.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan, mulai dari keberangkatan, kesehatan saat menjalankan ibadah hingga pulang dan menjadi haji yang mabrur,” ujar Willian yang akan berangkat bersama empat orang anggota keluarganya.