Bayi Baru Lahir Ditemukan Warga di Kebun

Bayi laki-laki yang ditemukan warga.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Warga Dusun III, Desa Sumber Mulia, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (2/9) pagi sekitar pukul 07:00 WIB, digegerkan penemuan bayi baru lahir yang diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Bayi yang masih terlilit tali pusar tanpa berbalut sedikitpun kain ditemukan oleh warga setempat bernama Tukimin (37) tak jauh dari kebun karet miliknya.


Berita Lain:


“Saat itu saya hendak menyadap karet di kebun. Tiba tiba mendengar suara tangisan bayi. Awalnya saya takut mendengarnya. Tapi karena hari sudah terang, saya beranikan mencari sumber suara tersebut,” ujarĀ  Tukimin.

Saat ditemukan, bayi malang itu dalam posisi telanjang tanpa sehelai kain. Bayi laki laki terlihat baru saja dilahirkan karena masih ada ari-arinya, menangis dan tergeletak di semak. “Langsung saya angkat dan saya bawa ke rumah kades,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Mulia Yoni Wilson yang didatangi warga yang menemukan bayu langsung berinisiatif membawanya ke Puskesmas.

“Melihat kondisi bayinya seperti itu, langsung kami bawa ke puskesmas. Diperiksa bidan untuk segera diberi pertolongan. Kasihan, kondisinya lemah dan kedinginan,” ujarnya.

Usai membawa bayi tersebut ke puskesmas, Yoni Wilson langsung melaporkan penemuan bayi ke polisi.

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan didampingi Kasubbag Humas AKP Arsyad melalui Kapolsek Rambang Lubai AKP Indra Kusuma mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pengecekan TKP dan meminta keterangan dari saksi saksi.

“Kami masih menyelidiki tersangka pembuang bayi tersebut. Bayi sudah kita bawa ke RS Prabumulih untuk mendapat perawatan intensif, kemudian kita serahkan ke kades untuk dirawat sementara,” pungkasnya.