KPU Targetkan 80% Partisipasi Pemilih Pilkada Muara Enim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) targetkan 80% partisipasi pemilih pada Pilkada Muara Enim 2018 mendatang.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Ketua Komisi Pemilihan Umum Muara Enim Rohani menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Muara Enim yang digelar 2018 mendatang mencapai 80 persen.

Sementara target yang ditetapkan KPU Provinsi Sumsel untuk Muara Enim mencapai 77,5 persen.

Dengan target tersebut, Rohani meminta seluruh organisasi masyarakat yang berada di Muara Enim bekerja keras mensosialisasikan pelaksanaan  pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim pada 2018 mendatang.


Berita Terkait:


“Ukuran keberhasilan Pilkada diukur dari tingkat keterlibatan masyarakat, kita terus mewujudkan hal ini, sebelumnya tingkat partisipasi Pilkada di Muara Enim tahun 2013 lalu mancapai 76,5 persen,” kata Rohani saat menggelar Sosialisasi Pilkada Muara Enim dengan seluruh Ormas, LSM, Mahasiswa dan Pers di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Kamis (28/9/2017).

Sementara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Muara Enim Isa Ansori menambahkan, dalam usaha meningkatkan partisipasi pemilu, pihaknya telah melakukan antisipasi  pemilih golput.

Menurutnya, saat ini KPU Muara Enim tengah melakukan proses pemutakhiran data DPT Muara Enim yang kini ditetapkan sebanyak 413.506 pemilih.

“Prosesnya masih berlangsung hingga ditetapkan final pada April 2018 nanti. Pemutakhiran data perlu dilakukan untuk menghindari pemilih-pemilih yang sudah meninggal dan sebagainya, upaya ini tentu bisa mengurangi persentase golput,” ungkapnya.

Isa memaparkan, upaya antisipasi golput juga sangat difokuskan pada pemilih pemula. Karena itu, KPU Muara Enim menggandeng Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), agar sosialisasi Pilkada bisa masuk ke ranah sekolah-sekolah.

“Selain itu, sosialisasi antigolput juga ke kampus-kampus, termasuk kelompok. pengajian, penyandang cacat dan sebagainya,” tambahnya.