Muzakir: Bidan Adalah Ujung Tombak Kesehatan

Wisuda angkatan ke-XIV Akademi Kebidanan Muara Enim, Kamis (14/9).

PALUGADANEWS.COM,  MUARA ENIM — Bidan merupakan ujung tombak kesehatan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya pada acara wisuda (Akademi kebidanan)  Muara Enim,  Kamis (14/09/2017) di Gedung Putri Dayang Merindu Muara Enim.

Menurut Muzakir, bidan adalah pemberi pelayanan pertama kepada masyarakat yang telah dibekali dengan keterampilan dalam penanganan Kegawat Daruratan, Obstetri dan Neonatal melalui pelatihan Midwifery Emergency Cours (MEC) sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan bayi di Indonesia khususnya di Kabupaten Muara Enim.


Berita Terkait:


“Selain itu, bidan juga mempunyai bekal untuk berani bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Saya berharap kepada seluruh alumni Akbid Pemkab Muara Enim untuk berdampingan dan kerjasama dengan civitas akademika, dan menjaga nama baik almamater,” harap Muzakir.

Saat ini lanjut Muzakir, Akbid Muara Enim merupakan satu-satunya akademi kebidanan yang ada di Kabupaten Muara Enim. Pasca terbitnya UU No 23 tahun 2014, keberadaan Perguruan Tinggi Kesehatan milik Pemkab Muara Enim tidak memiliki payung hukum yang jelas.

Pemkab Muara Enim kemudian melakukan penandatanganan persetujuan penyerahan aset dari Pemkab Muara Enim ke Kemenkes RI oleh DPRD Muara Enim pada 8 September 2017, merupakan titik terang dalam upaya alih kelola tersebut.

“Dengan demikian tinggal menunggu waktu keluarnya surat keputusan pengalih kelolaan Akbid Muara Enim dari milik Pemerintah Daerah ke Kementrian Kesehatan RI,” ujar Muzakir.

Sementara itu Direktur Akbid Pemkab Muara Enim mengatakan bahwa Akbid Muara Enim akan tetap mempertahankan eksistensinya walaupun sudah resmi nantinya diambil alih Kemenkes RI.

“Terhitung tanggal 8 September 2017 kemarin, kami telah menyerahkan surat persetujuan penyerahan asset dari Ketua DPRD Muara Enim ke Kemenkes RI di Jakarta sehingga dapat dipastikan Akbid Muara Enim resmi di bawah naungan Kemenkes RI,” jelas Rita.

Rita melanjutkan, pihaknya telah menerima surat dari Menteri Dalam Negeri, agar Perguruan Tinggi Kesehatan Daerah (PTKESDA) yang akan dikelolah oleh Kemenkes RI dapat segera menyampaikan Berita Acara Serah Terima (BAST) ke Kemendagri, dan BKN dapat melakukan pengalihan personil PNS PTKESDA yang diberlakukan mulai 1 Januari 2018.

“Dalam beberapa hari ini kita menunggu keluarnya SK alih kelola tersebut sehingga proses alih kelola tersebut rampung,” tutupnya.