Pastikan Tak Ada Bara Api, Pemadaman Terus Berlanjut

Dua orang petugas melakukan pemadaman api menggunakan ranting kayu. 

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM –BPBD Kabupaten Muara Enim bersama BPBD Provinsi Sumsel dibantu Helikopter BNPB Sumsel terus melakukan pemadaman api yang membakar hutan dan lahan di Desa Kayu Ara Batu, Kecamatan Muara Belida dan sekitarnya.

Upaya pemadaman tidak hanya dilakukan dari udara menggunakan helikopter, juga dilakukan dari jalur darat.

Satgas BPBD dilengkapi pompa air dan secara manual menggunakan ranting pohon memastikan tidak ada lagi bara api yang masih membakar lahan. Terlebih lahan yang terbakar adalah lahan gambut.


Berita Terkait:


Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim Muhammad Tasman mengatakan, titik api di perbatasan Muara Enim dengan Kabupaten Ogan Ilir (OI) dipastikan sudah padam.

“Untuk diperbatasan Kabupaten Muara Enim dan OI sudah aman,” jelas Tasman melalui pesan singkatnya, Minggu (17/9/2017) kemarin.

Sedangkan di sejumlah titik lainnya, api membakar batang dan tunggul kayu. “Api terpencar di sejumlah titik. Namun secara keseluruhan mulai berkurang,” tutur dia.

Apalagi, kata dia, hujan kemarin siang cukup membantu Satgas dalam pemadaman.

Menurut Tasman, helikopter BNPB Sumsel terus membantu pemadaman hingga dinyatakan titik api secara keseluruhan hilang. “Helikopter tetap membantu sepanjang masih ada titik api,” tukasnya.

Selain ikut memadamkan dengan menjatuhkan bom air, helikopter juga berperan memantau api dari udara guna menemukan titik api yang dinilai sulit dijangkau dan jauh dari sumber air.