Cegah Kanker Serviks, Bhayangkari Polres Muara Enim Gelar Tes IVA

Bhayangkari Polres Muara Enim menggelar penyuluhan dan Tes IVA atau pemeriksaan leher rahim (serviks) sebagai langkah awak detiksi dini kanker serviks, Selasa (17/10/2017).

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Puluhan ibu Bhayangkari Polres Muara Enim mengikuti mengikuti penyuluhan dan tes IVA, atau pemeriksaan leher rahim (serviks) sebagai langkah deteksi dini ada tidaknya kanker serviks, Selasa (17/10/2017).

Kegiatan ini digelar Bhayangkari Polres Muara Enim bekerjasama dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan

Pemkab Muara Enim dan Poliklinik Polres Muara Enim, dalam rangka memeriahkan Hari Kerja Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65.


Berita Lain:


Ketua Cabang Bhayangkari Polres Muara Enim Ayi Leo Gunawan mengatakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan HKGB (Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari) Ke 65.

“Melalui momentum HKGB tahun ini, kami mencoba mengingatkan kaum perempuan khususnya ibu-ibu Bhayangkari akan ancaman kanker serviks. Uuntuk itu digelar penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan sebagai upaya deteksi dini,” kata Ayi.

Menurutnya, kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit mematikan yang menginggap pada kaum perempuan.

Untuk itu, dia berharap ibu-ibu Bhayangkari dan para anggota Polwan usai mengikuti kegiatan ini bisa memperoleh tambahan pengetahuan betapa pentingnya kesehatan reproduksi.

“Tentunya melalui kegiatan ini peserta akan memperoleh tambahan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana
melindungi diri dari Kanker Serviks,” ujarnya.

Sementara narasumber dari Dinas Kesehatan Pemkab Muara Enim, dr Dewi S.Pog mengatakan ada beberapa cara supaya terhindar dari penyakit mematikan khususnya yang dapat menyerang kaum perempuan.

Dikatakannya pemeriksaan ancaman kanker serviks dapat dites melalui metode IVA (Inspeksi Visual Asam asetat). “IVA Tes dinilai lebih akurat dan efektif dibandingkan metode Papsmear,” jelasnya.

Untuk diketahui, kanker serviks atau servical cancer adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau serviks yang disebabkan oleh HPV (human papiloma virus).

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan banyak merengut nyawa kaum hawa.