Puluhan Truk Batu Bara Terjaring Razia

Dinas Perhubungan Muara Enim bekerjasama dengan Satlantas Polres Muara Enim, Rabu (04/10/2017) mengelar razia di Terminal Regional Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Puluhan truk angkutan batu bara terjaring razia yang di gelar Dinas Perhubungan Muara Enim bekerjasama dengan Satlantas Polres Muara Enim, Rabu (04/10/2017) di Terminal Regional Muara Enim.

Razia dilakukan terhadap angkutan orang, angkutan barang serta angkutan batu bara terutama angkutan batu bara yang melanggar jam melintas.


Berita Terkait:  


Dalam operasi tersebut Kadishub Muara Enim Riswandar melalui Kabid Penertiban dan Keselamatan Lalu Lintas Muzakar mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksa terhadap kelengkapan surat kendaraan seperti buku KIR, STNK dan kartu pengawasan izin usaha.

Jika surat itu tidak dimiliki, maka pihaknya akan menyerahkan kendaraan tersebut ke Satlantas Muara Enim.

“Jika semua surat tersebut tidak dimiliki, bisa jadi kendaraan itu dalam keadaan bodong. Sedangkan jika ada kendaraan yang melanggar izin operasional, buku KIR sudah habis masa maka akan kita tilang. Selain itu juga kita juga akan menindak kendaraan yang tidak layak jalan seperti bak rusak, ban gundul, terpal yang sudah berlubang serta jika ada muatan yang melebihi DO angkutan,” urainya.

Muzakar juga mengatakan dengan dilakukan razia, diharapkan dapat memacu pemilik kendaraan untuk memperpanjang buku KIR atau mengurus surat menyurat kendaraan lainnya.

“Dari hasil operasi, kita menemukan beberapa kendaraan yang tidak memperpanjang buku KIR, bahkan ada yang hingga tiga tahun. Padahal pengurusan KIR ini masuk ke sumber PAD, yang harus diperpanjang setiap enam bulan sekalu,” tegasnya.

Selain dari itu razia ini juga menindak angkuta batu bara terutama yang melanggar aturan jam melintas karena begitu banyak yang masih melintas di jam selain waktu operasiona.

“Razia tersebut merupakan instruksi langsung dari Buapti Muara Enim dan dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari 4 Oktober 2017,” tutup Muzakar.