Dampak Corona, Festival Colorful Muara Enim 2020 Dibatalkan

Agenda festival colorful Muara Enim yang dibatalkan akibat pandemi corona.

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkab Muara Enim membatalkan 22 agenda Festival Colorful Muara Enim yang semula dijadwalkan sepanjang tahun 2020 karena virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Isdrin melalui Kabid Pemasaran Pariwisata, Erwin Faisal, mengatakan pembatalan tersebut merujuk pada keputusan bersama Mendagri dan Menkeu terkait percepatan penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19.

Baca Juga:

“Selain merujuk pada keputusan bersama Mendagri dan Menkeu, juga hasil rapat staf Bupati dan ditetapkan Colorful Muara Enim Festival 2020 ditiadakan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Muara Enim,” terang Erwin kepada Palugadanews.com, Selasa (16/6/2020).

Anggaran pelaksanaan Colorful Muara Enim Festival 2020 ini, kata Erwin, kemudian dialihkan untuk penanganan percepatan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim.

“Rasionalisasi, refocussing dan realokasi anggaran tahun 2020 ini dilakukan untuk percepatan dan penanganan terhadap pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia dan bahkan dunia,” urainya.

Erwin mengatakan, sepanjang tahun 2020 ini hanya satu kegiatan yang sudah terlaksana, sementara anggaran yang terserap untuk penanganan Covid-19 ini hampir 70 persen.

“Kegiatan kita terakhir Maret lalu, itu pun hanya kegiatan bersih-bersih air terjun Bedegung. Sementara kisaran 70 persen anggaran dialihkan untuk percepatan dan penanganan Covid-19,” imbuhnya.