Sempat Nihil, Kini 9 Kasus Baru Positif Covid-19 di Muara Enim

ilustrasi. shutterstock

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Setelah beberapa waktu lalu sempat nihil, kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muara Enim kembali meningkat.

Berdasarkan data dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim, jumlah pasien positif Covid-19 di Muara Enim mencapai 9 orang.

“Aada 9 warga terpapar covid-19 di Muara Enim, seluruh pasien kini dirawat di RS. HM Rabain,” ungkap jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta, Senin (15/6/2020).

Baca Juga:

Panca mengungkapkan, dari 9 pasien terpapar tersebut 6 merupakan warga Kecamatan Muara Enim serta 3 pasien lainnya masing-masing warga dari Kecamatan Rambang, Lawang Kidul dan Benakat.

“Total konfirmasi warga yang positif Covid-19 di Muara Enim berjumlah 26 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 16 pasien telah dinyatakan sembuh dan 1 pasien meninggal dunia,” urai Panca.

Panca mengatakan, penambahan pasien positif Covid-19 di Muara Enim membuat tim satgas harus bekerja keras lagi. Padahal sepekan lalu, diakuinya Muara Enim sempat zero kasus karena tingginya tingkat kesembuhan pasien.

“Untuk menekan lajunya penyebaran, saat ini tim satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim terus menggalakkan rapid test yang dilaksanakan di rumah sakit, dinas laboratorium hingga puskesmas di wilayah Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.

Hingga 13 Juni 2020 kemarin, rapid test yang dilakukan dua tahap telah diikuti 1.993 warga. “Hasilnya rapid test tahap I sebanyak 29 positif dari 1.549 negatif, sedangkan rapid test kedua ada 8 positif dan 408 dinyatakan negatif,” lanjutnya.

Panca menambahkan, adapun jumlah pasien dalam pantauan (PDP) yang dirawat di Rumah Sehat Islamic Center di Kabupaten Muara Enim periode 23 April –13Juni 2020 ada sebanyak 34 orang.

“Selesai pemantauan sebanyak 31 orang dan dalam kondisi sehat dan masih dirawat sebanyak 3 orang,” lanjut dia.

Panca menghimbau masyarakat Kabupaten Muara Enim agar tidak panik dan tetap waspada akan ancaman pandemi ini.

Dia meminta masyarakat menjaga kebersihan dan pola hidup sehat dan kembali meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.

“Kepada masyarakat kami minta tetap patuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan,” pungkasnya.