SIM Gratis Bagi Warga Muara Enim yang Lahir 1 Juli

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Kabar gembira bagi warga Kabupaten Muara Enim yang lahir bertepatan dengan hari Bhayangkara ke -74 yakni tanggal 1 Juli. Pasalnya, warga yang lahir ditanggal tersebut bisa membuat SIM gratis di Satlantas Polres Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syahputra melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Feby Febriyana mengatakan, kebijakan SIM gratis ini sebagi bentuk kasih dan kepedulian Polri kepada masyarakat, juga untuk memeriahkan perayaan hari Bhayangkara ke -74.

Baca Juga:

“Pemberian SIM gratis ini, diberikan kepada siapa saja warga negara Indonesia yang lahir ditanggal 1 Juli tepat bersamaan dengan hari Bhayangkara ke-74. Namun dengan ketentuan sudah memenuhi syarat sudah berumur 17 tahun,” kata dia, Kamis (18/6/2020), melalui pesan whatsapp.

Namun kata Febby, selain syarat usia sudah cukup, pemohon juga harus memenuhi berbagai persyaratan lain.

“Selain usia sudah cukup pemohon harus lulus tes yang dipersyaratkan, seperti tes kesehatan, tes psikologi dan tes praktek. Hal ini sangat mutlak bagi para pemohon SIM, mengingat pihak Kepolisian tidak akan gegabah memberikan SIM kepada yang belum memenuhi ketentuan tersebut,” urainya.

Selain pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM juga akan digratiskan. “Program ini tidak hanya berlaku untuk pembuatan, namun juga berlaku untuk perpanjangan. Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama kita dengan Bank BRI,” lanjutnya.

Namun, lanjut dia, program SIM gratis 2020 ini hanya menggratiskan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) saja.

“Pembuatan SIM gratis 2020 hanya memberikan gratis pada biaya PNBP saja. Sedangkan untuk biaya tes kesehatan dan psikologi, pemohon tetap diharuskan membayar secara mandiri,” tegasnya.

Sementara itu, di masa pandemi ini bagi masyarakat yang masa berlaku SIMnya habis mulai tanggal 14 Maret hingga 29 Mei, bisa memperpanjang bisa memperpanjang hingga 30 Juni 2020 mendatang.

“Jika pada masa tersebut masih belum bisa memperpanjang karena kondisi perawatan Covid -19, silakan datang lagi dengan melampirkan surat dari RS. Kelonggaran perpanjangan hanya waktu pengurusan saja. Namun biaya dan persyaratan lainnya tetap seperti biasa tidak ada yang kita kurangi,” pungkasnya.