PT TeL PP Pantau Kualitas Olahan Limbah Cair Secara Online di Database KLHK

(Foto: tangkapan layar youtube profile PT TeLPP)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Division Head of External Relation PT TeLPP, Mochamad Amrodji mengatakan PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (TeL PP) salah satu perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang selalu berusaha memenuhi komitmen didalam mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada di Republik Indonesia.

Kepatuhan tersebut salah satunya adalah selalu berusaha menjaga baku mutu lingkungan sesuai izin lingkungan dan AMDAL dengan terus memperhatikan sisi mutu dan kualitas terlepas berapa pun cost yang akan ditimbulkan dari sistem pemantauan secara online.

Baca Juga:

“Sampai saat ini PT TeL PP adalah perusahaan pertama di Sumsel ini yang melakukan koneksi pemantauan kualitas olahan limbah cair secara online di database Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) atau sparring. Ini menunjukan komitmen perusahaan terhadap undang-udanga yang diwajibkan oleh pemerintah dan wajib kami ikuti dan patuhi,” kata Amrodji kepada wartawan, Selasa (23/03/2021).

Amrodji mengatakan, PT TeL PP mendapatkan penghargaan dan pengakuan oleh pemerintah atas kepatuhan perusahaan dalam melakukan sistem pengendalian dan pemantauan kualitas lingkungan secara online.

“Proses yang sudah kami lakukan berapa standarnya, sehingga Jakarta yakni perusahaan induk kita bisa langsung melihat atas actionnya yang kita lakukan begitu cepat. Jadi semua perusahaan Jepang termasuk PT TeLPP ini komitmen melakukan pemenuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku,” jelas dia.

Dia mengungkapkan, PT TeL PP sudah memperoleh Sertifikat Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian. Selain itu beberapa kali mendapat penghargaan industri hijau, peringkat proper hijau & biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait penanganan Amdal ini.

Dari sejak awal berdiri, PT TeL PP telah didesain dengan standard pengelolaan limbah B3, emisi udara dan limbah cair sesuai dengan baku mutu lingkungan yang ditentukan pemerintah.

“Aktivitas pengelolaan lingkungan untuk limbah B3, cair serta pemantauan kualitas emisi suara dan ambien udara juga dipantau ketat. Perusahaan telah memiliki persetujuan AMDAL dan izin lingkungan serta izin yang dipersyaratkan lainnya,” ucapnya.