Kasus Narkoba Perkara yang Mendominasi Masuk ke Kejaksaan Negeri Muara Enim

(Foto: MK-Studio/Shutterstock)

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM  – Dalam kurun waktu enam bulan terakhir, kasus narkoba mendominasi perkara yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim limpahan dari Polres Muara Enim.

Hal ini, diungkapkan Kejari Muara Enim Irfan Wibowo melalui Kasi Pidum Kerjari Muara Enim M Alex Akbar kepada wartawan Senin (28/06/2021) di Muara Enim.

Baca Juga:

“Bisa dikatakan rata-rata kasus yang kita terima sejak Januari – Juni ini dari Polres Muara Enim didominasi kasus narkoba serta pencurian, namun lebih didominasi kasus Narkoba,” ungkapnya.

Alex mengatakan, untuk jumlah kasus Surat Perintah Dimulai Penyidikan (SPDP) sebanyak 109 kasus. Rata-rata dalam satu bulan bulan terdapat 12 perkara yang didominasi kasus narkoba.

“Untuk berkas perkara (BP) sebanyak 96 perkara. Sedangkan ke tahap II sebanyak 113 perkara dan yang sudah selesai (eksekusi) sebanyak 93 perkara,” urainya.

Menurut Alex, dominanya kasus narkoba dan pencurian tersebut tentu bukan tanpa sebab karena bisa dipengaruhi faktor dorongan ekonomi si pelaku.

Misalnya, terpaksa menjadi kurir narkoba sampai menjual narkoba untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Begitu juga dengan kasus pencurian juga bisa dipengaruhi oleh faktor ekonomi.

“Kalau untuk kasus narkoba tuntutan kita variatif ya. Karena lebih didominasi yang tertangkap tersebut merupakan kurir,” ujarnya.

Sementara itu, terkait beberapa vonis bebas yang dijatuhkan oleh pengadilan Negeri Muara Enim terhadap beberapa kasus di PN Muara Enim, pihaknya sedang berupaya melakukan kasasi ke tingkat MA.

“Doakan saja, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada balasan dari Mahkamah Agung, dan pasti kita umumkan, secepatnya,” ucap dia.