Pj Bupati Muara Enim Kunjungi M Ridho Anak Penderita Thalasemia

Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengunjungi penderita Thalasemia

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Seusai meninjau pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di SMA Negeri 01 Muara Enim, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar mengunjungi M Ridho penderita Thalasemia di Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, Senin (12/09/2021).

Baca Juga:

“Atas nama Pemkab Muara Enim saya mengungkapkan keprihatinan kami atas apa yang diderita ananda M Ridho. Kami datang menjenguknya untuk memberikan motivasi serta semangat baginya dan keluarga,” ungkap Nasrun.

Nasrun mengintruksikan dinas kesehatan untuk dapat mengambil tindakan secepatnya untuk menangani kondisi diderita M Ridho.

“Kepada dinas terkait khususnya Dinkes untuk segera mengambil tindakan secepatnya dengan kondisi ini. Apalagi Ananda Ridho yang butuh transfusi darah segera. Kami minta PMI Muara Enim agar bisa memperbanyak stok darah, selalu berkoordinasi dengan RSUD Rabain agar pasien dengan kategori tertentu bisa memperoleh pasokan darah, sehingga tidak ada lagi laporan stok habis di PMI Muara Enim,” ujarnya.

Lebih lanjut Pj bupati meminta kepada camat atau-pun kepala desa untuk sigap dan tanggap terhadap kondisi warganya sehingga warga dengan kondisi serupa dapat segera dibantu dan diberikan penanganan.

“Kami juga meminta camat dan kades untuk sigap terkait hal seperti ini. Hal tersebut menjadi tugas utama seorang pemimpin dan pemerintah, yaitu untuk selalui hadir di tengah masyarakat, baik dalam keadaan suka maupun duka. Kedua orang tua agar tetap bersabar dengan kondisi yang dihadapi,” ujarnya.

Diakhir kunjungan, Nasrun juga memberikan bingkisan berupa beras dan susu formula untuk M. Ridho.

Thalasemia adalah penyakit kelainan genetik yang merusak sel darah merah. Sel darah merah yang terganggu produksi hemoglobinnya dalam tubuh akan menyebabkan anemia. Akibatnya penederita harus melakukan transfusi darah sebulan sekali.