Siap-Siap, ini Lima Bansos yang Cair di Bulan September 2021

Ilustrasi

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Sepanjang tahun 2021 ini pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Berikut lima bansos yang akan cair pada bulan September 2021 ini.

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan sebanyak 8,7 juta penerima bantuan subsidi gaji/upah (BSU) tahun 2021 bagi pekerja/buruh senilai Rp1 juta yang akan dicairkan pada September 2021 ini.

Pekerja/buruh yang memenuhi seluruh persyaratan berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan yang dibayarkan secara sekaligus satu kali transfer, sehingga total yang didapatkan penerima sebesar Rp1 juta.

Adapun sistem penyaluran masih sama seperti sebelumnya, yakni dilakukan melalui verifikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Untuk masyarakat yang lolos seleksi dan verifikasi nantinya tiap penerima akan disalurkan bantuan uang senilai Rp1 juta yang akan ditransfer langsung ke rekening penerima.

2. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Program BST ini sempat terhenti pada April 2021, namun pada September 2021 pemerintah kembali menyalurkan BST bagi 10 juta penerima yang terdampak Covid-19. BST senilai Rp300 ribu per kepala keluarga penerima ini akan disalurkan melalui kantor PT Pos Indonesia.

3. Diskon Listrik

Pemerintah juga akan melanjutkan diskon listrik pada September 2021 untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Diskon ini berlaku hingga akhir September 2021. Target diskon listrik ini akan diberikan kepada 32,6 Juta pelanggan PLN.

Adapun rinciannya, untuk pelanggan 450 VA akan mendapat potongan tagihan sebesar 50 persen. Sementara pelanggan 900 VA mendapat diskon 25 persen dari tagihan.

4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pemerintah menargetkan 18,8 juta keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang akan kembali cair pada September 2021. Dana yang diberikan kepada penerima senilai Rp200 ribu per bulan dan disalurkan melalui akun elektronik.

Nantinya penerima bisa bahan pangan kebutuhan sehari-hari di pedagang atau e-warong yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

5. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) yang juga akan cair pada bulan September 2021 ini diberikan kepada masyarakat sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Nominal yang akan dicairkan nanti berbeda-beda antara penerima.

Dikutip dari laman resmi Kemensos, kriteria keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki anak usia dini dan untuk ibu hamil diberikan bantuan maksimal sebesar Rp2,4 Juta.

Kemudian, KPM yang memiliki anak sekolah dasar (SD) akan diberikan bantuan sebesar Rp900 ribu. KPM yang memiliki anak di bangku SMP diberikan bantuan sebesar Rp1,5 juta.

KPM yang memiliki anak di bangku SMA akan dibantu senilai Rp2 Juta. Sementara KPM yang memiliki anak disabilitas sebesar Rp 2,4 juta dan lansia Rp2,4 Juta.