Pj Sekda; Semua Usulan Masyarakat Harus Diinput Dalam SIPD

Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani

PALUGADANEWS.com, MUARA ENIM – Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan mesti dijadikan skala prioritas tahun 2023 mulai dari tingkat desa/Kelurahan harus sudah terinput dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Hal ini disampaikan Pj Sekda Muara Enim Emran Tabrani saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) RKPD se-Kabupaten Muara Enim tahun 2022, Senin (10/01/2022), di Gedung Olahraga Tunggutubang, Desa Penyandingan, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim.

“Kalau tidak masuk SIPD maka tidak akan terakomodir dalam RKPD tahun 2023 karena tahun 2023 merupakan tahun terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2023. Sehingga, program pembangunan pada tahun 2023 diharapkan terfokus kepada pencapaian target kinerja RPJMD yang belum tercapai atau terpenuhi,” kata Emran.

Baca Juga:

Emran juga meminta para kepala desa pada saat reses Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim mengkomunikasikan hasil Musrenbangcam ini dengan anggota dewan agar sinkron. Kegiatan super prioritas betul-betul diusulkan ke dewan sehingga selaras dengan apa yang dimasukkan dalam SIPD

“Mengingat Musrenbangcam merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan peran masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah Kecatama SDL sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Emran juga mengucapkan terima mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Musrebangcam yang sudah menyampaikan usulan-usulannya.

Dia berharap mudah-mudahan melalui forum ingin menjadikan masyarakat Kabupaten Muara Enim sejahtera melalui RKPD tahun 2023 dapat tersusun dengan baik dengan mengutamakan program super prioritas.

“Kami Pemkab Muara Enim tetap mengharapkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan agar pembangunan di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran, dan bermanfaat luas untuk kepentingan masyarakat,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim Mat Kasrun meminta peserta Musrenbangcam agar merencanakan program pembangunan berpedoman pada skala prioritas yang sudah di susun oleh Bappeda Kabupaten Muara Enim dan kemampuan keuangan daerah yang ada.

“Kami menghimbau pada seluruh peserta agar dalam merencanakan program pembangunan harus berpedoman pada skala prioritas yang sudah disusun oleh Bappeda Kabupaten Muara Enim dan kemampuan keuangan daerah yang ada,” imbaunya.

Camat SDL Edi Suprianto dalam laporannya diawal kegiatan menyampaikan, sebelum dilaksanakan Musrenbangcam ini terlebih, pihaknya sudah melaksanakan Musrenbangdes dari tanggal 6 hingga 28 Desember 2021 di Desa Karya Nyata khusus Kecamatan SDL.

Edi mengatakan, dari 10 desa yang menggelar Musrenbangdes, semua usulan telah diinput dalam SIPD.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi masyarakat, keinginan masyarakat tentunya sudah terkunci di SIPD yang sudah diverifikasi oleh Bappeda Kabupaten Muara Enim. Inilah yang akan kita perjuangkan untuk merealisasikan apa-apa yang kita usulkan demi kesejahteraan masyarakat di Kecamatan SDL,” pungkasnya.