Mendagri Akan Surati Malaysia Terkait Bendera RI Terbalik

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Foto: Humas Seskab)

PALUGADANEWS.COM, SURABAYA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan akan mengirimkan surat ke kementerian yang mengatur urusan dalam negeri Malaysia terkait insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017.

Menurut dia, pemerintah RI tetap perlu membutuhkan klarifikasi terlepas adanya permintaan maaf dari pihak Malaysia. Kesalahan ini perlu dipertanyakan karena mereka dinilai tak ada perhatiannya terhadap hal yang menjadi prinsip bagi Indonesia.


Berita Terkait: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017, Malaysia Minta Maaf


“Kami menyiapkan surat ke Kemendagri Malaysia dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia agar jadi atensi mereka. Kesalahan ini sulit dipahami,” kata Tjahjo, seperti dilansir dari laman kemendagri.go,id, Senin (21/8).

Ia mengakui kalau Menteri Olahraga Malaysia telah meminta maaf atas insiden ini. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI juga telah mengirimkan nota diplomatik protes resmi kepada negara tersebut atas kekeliruan pemasangan bendera.

“Permintaan maaf diterima, tapi perlu dipertanyakan. Katanya, negara tetangga, negara sahabat Indonesia. Tapi perhatian terhadap Indonesia, atas hal yang prinsip saja tidak diperhatikan,” ujar dia.

Malaysia sebagai negara tetangga yang dekat dengan Indonesia, semestinya mengetahui bahwa warna merah-putih sebagai warna bendera Indonesia. Kondisi ini menunjukan minimnya atensi negara ini terhadap Indonesia.

“Materi buku panduan yang dicetak semestinya telah dicek oleh pejabat terkait Malaysia. Ternyata tidak ada perhatian. Lewat saja perhatian soal warna bendera Indonesia merah putih,” ujar dia.