Penyuluh Pertanian Diminta Tingkatkan Kapabalitas

 

PALUGADA NEWS. COM, MUARA ENIM – Sebanyak 40 Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Muara Enim mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kemampuan.

Kegiatan digelar selama 14 hari, 6-20 September 2017 di Gedung UPT Diklat Kabupaten Muara Enim, Rabu (06/09/2017).

Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai sebuah upaya membangkitkan ketahanan pangan dan terselenggaranya penyuluhan yang andal di Kabupaten Muara Enim.


Berita Lain:


“Saya mengapresiasi kepada semua pihak yang berperan aktif dalam pembangunan pertanian di Muara Enim, khususnya para penyuluh yang telah bekerja cerdas membangkitkan ketahanan pangan dan penyuluhan yang andal,”kata Wabup dalam sambutanya saat membuka kegiatan.

Nurul mengatakan, penyuluh pertanian sebagai pejabat fungsional diberi tugas dan wewen melaksanakan penyuluhan, harus tanggap dan responsif terhadap perkembangan pembangunan di sektor pertanian

“Penyuluh pertanian harus tanggap dan responsif terhadap perkembangan situasi pembangunan pertanian, diharapkan penyuluh sadar dengan kondisi demikian dengan terus meningkatkan kapabalitasnya,” ujar Nurul.

Selain itu, Nurul meminta para penyuluh harus berbenah diri agar bisa membimbing petani dalam menerapkan teknologi terkini dan terbarukan sesuai perkembangan zaman.

“Tingkatkan kemahiran penyuluh dalam menggunakan teknologi informasi yang semakin maju dan berkembang,” pinta Nurul.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi BKPSDM Kabupaten Muara Enim Erlandi menambahkan, tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan kapabilitas penyuluh pertanian adalah untuk memotivasi penyuluh agar lebih kreatif, inovatif dan profesional serta menjadi agen pembangunan pertanian di pedesaan.

“Tujuan diadakannya  ini adalah untuk memotivasi penyuluh biar lebih kreatif, inovatif dan profesional serta menjadi agen pembangunan pertanian di pedesaan,” pungkasnya.