Muara Enim Terima Penghargaan PerpusSeru

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menerima penghargaan PerpusSeru di Jakarta. (Foto: Perpus Daerah Muara Enim)

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menerima penghargaan PerpusSeru di Jakarta. (Foto: Perpus Daerah Muara Enim)

PALUGADANEWS.COM, JAKARTA — Dinilai memiliki komitmen dalam pengembangan perpustakaan diwilayahnya,  Kabupaten Muara Enim mendapatkan penghargaan perpustakaan sebagai layanan publik yang yang bertransformasi sebagai pusat belajar masyarakat berbasis TIK dalam program PerpusSeru dari The Coca Cola Foundation.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar dalam  acara Peer Learning Meeting Nasional 2016, yang digelar di Hotel Grand Mercure Jakarta, Rabu (15/11/2016) kemarin.

Penghargaan serupa  juga diberikan kepada 80 Bupati dan Wali kota di seluruh Indonesia  yang berada di kawasan Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

BERITA LAIN:

Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi yang sangat luar biasa untuk terus mengembangkan Perpustakaan di Muara Enim.

PerpusSeru merupakan sebuah program pengembangan perpustakaan yang difokuskan  pada penyediaan akses perangkat teknologi, pelatihan pengurus, serta advokasi bagi perpustakaan umum di tingkat kabupaten/kota dan desa di seluruh Indonesia.

“Dengan penghargaan ini menjadi pendorong bagi kita untuk terus berbenah, sehingga perpustakaan di Kabupaten Muara Enim terus  memiliki program – program yang semakin baik,” ungkap Muzakir.

Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diterima Kabupaten Muara Enim. Tahun 2015 dan April 2016 lalu kabupaten ini juga  menerima penghargaan Perpuseru dari Coca Cola Foundation.

Perpustakaan Daerah Muara Enim saat ini memiliki 49 ribu lebih buku, dengan 17 ribu  judul buku.  Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Perpustakaan Muara Enim juga memiliki kegiatan diantaranya story telling serta lomba karya tulis antar sekolah.

Selain itu memilik unit perpustakaan keliling berupa satu mobil pintar dan satu perpustakaan keliling, perpustakaann juga dilengkapi ruang IT dengan fasilitas wifi yang bisa digunakan masyarakat Muara Enim secara gratis.

Perpustakaan Daerah Muara Enim tidak hanya sebagai tempat membaca buku saja, tapi sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Perpustakaan Muara Enim pun memfasilitasi  berbagai pelatihan TIK bagi masyarakat dengan tujuan memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.