Peran Serta Masyarakat Dibutuhkan untuk Memberantas Narkoba

Ika Wahyu, Kepala BNNK Muara Enim.

PALUGADANEWS.COM, MUARA ENIM — Peran serta masyarakat merupakan unsur yang penting dalam memberantas peredaran narkoba.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Narkotika (BNN) Kabupaten Muara Enim Ika Wahyu kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/4/2017).

Menurut Ika, narkoba merupakan musuh bersama bangsa. Oleh karena itu pemberantasan narkoba tidak hanya tugas BNN dan kepolisian, tapi juga merupakan tugas semua lapisan masyarakat.


Baca Juga:


“Kita harus sadari bahwa saat ini bangsa kita sedang dijajah namun penjajahannya tidak berbentuk agresi militer, namun pada generasi muda yang dijajah dengan narkoba, maka dari pada itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan,” ujar Ika.

BNN sendiri, lanjut dia, mempunyai tiga tugas utama dalam memerangi narkoba, yakni pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

“Pencegahan tersebut seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan bahayanya narkoba dan melakukan pemberdayaan masyarakat serta memberikan pemahaman bahwa tugas memberantas narkoba merupakan tanggung jawab bersama,” terang Ika.

Sementara peran rehabilitasi, terbagi menjadi dua yakni rehabilitasi sukarela yaitu korban datang secara sukarela ke kantor untuk minta direhabilitasi. Dan kompulseri, yaitu rehabilitasi secara hukum.

“Peran ketiga yakni pemberantasan, dengan cara pemetaan jaringan, razia dan penangkapan,” lanjut Ika.

Ika menghimbau kepada masyarakat yang mengkonsumsi atau pecandu narkoba, secara sukarela melaporkan diri agar dapat direhabilitasi.

“Silahkan melaporkan diri secara sukarela. Negara akan membantu anda untuk berhenti menggunakan narkoba,”¬†lanjutnya.

Agar dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba, Kepala BNN Kabupaten Muara Enim memberikan beberapa tips diantaranya:

  1. Kembali ke Agama dan meningkatkan keimanan. Karena menurut Ika, semua agama melarang umatnya untuk mengkonsumsi narkoba
  2. Meningkatkan pengetahuan, karena pengedar narkoba kerap menipu dengan mengatakan bahwa narkoba tersebut obat yang baik untuk tubuh, padahal sebaliknya narkoba dapat merusak tubuh.
  3. Jika ada masalah jangan dipendam. Sebaiknya ceritakan kepada orang yang tepat.
  4. Lakukan hal positif, untuk meningkatkan keterampilan dan produktifitas.